Ada yang pernah mendengar mengenai kalung Amber Stone? Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu kalung Amber Stone, tapi kemungkinan besar sudah pernah melihat kalung berwarna cokelat kuning yang sering digunakan oleh anak selebriti Indonesia seperti Gempita Nora Marten yang merupakan anak dari Gisele dan Gading Martin. Ya kan? Nah, kalau selama ini berpikir kalung tersebut hanyalah aksesori, Anda akan terkejut bahwa sebenarnya kalung tersebut juga dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan si Kecil, sehingga banyak anak artis yang menggunakan nya! Ya, jadi kalung tersebut yangAanda lihat bukan sekadar pemanis fashion lho! Ingin tahu lebih banyak mengenai kalung Amber Stone? Hari ini saya akan mengupas 5 fakta di balik kalung tersebut!
  1. Bukan batu tetapi resin

Meskipun namanya disebut batu, sebenarnya Amber Stone ini adalah resin. Mungkin disebut batu karena orang masih awam dengan resin sehingga akan mempersulit untuk mengingat dan menjelaskannya.
  1. Berasal dari Eropa Utara

Nah, resin ini berasal dari fosil pohon pinus yang sudah ratusan tahun terkubur di Eropa Utara lebih tepatnya di daerah Skandinavia. Setelah sekian lama terkubur, pohon pinus ini mengeluarkan resin natural yang akhirnya berbentuk seperti Amber Stone yang kita lihat selama ini.
  1. Dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan

Amber Stone ini dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan baik untuk bayi, anak kecil, maupun orang dewasa. Beberapa manfaat yang dipercaya adalah:
  • Mengurangi rasa sakit
Amber Stone dipercaya memiliki kandungan analgesik yang dapat membantu mengurangi ataupun menghilangkan sakit, seperti sakit kepala ataupun sakit gigi. Hal inilah mengapa Amber Stone banyak dipakaikan ke bayi yang sedang tumbuh gigi. Ketika bayi sedang tumbuh giginya, biasanya ia akan menjadi rewel karena kesakitan. Nah, Amber Stone necklace ini dipercaya bisa membuat proses pertumbuhan gigi menjadi lebih nyaman sehingga banyak ibu-ibu yang membelikan kalung ini untuk anaknya. Saya sendiri awalnya juga ingin membelikan kalung ini untuk anak saya. Tapi harganya yang tidak murah membuat saya menjadi berpikir kembali. Apalagi lingkungan di sekitar saya belum ada yang memakainya. Akhirnya saya memutuskan untuk tidak membelinya.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Succinic acid yang merupakan kandungan utama dari batu ini memiliki kemampuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan juga untuk melindungi tubuh dari infeksi. Hal ini jugalah yang membuat para ibu biasanya tetap memakaikan anaknya kalung Amber Stone meskipun gigi anaknya sudah tumbuh lengkap semua. Jadi tidak perlu takut kalung ini hanya bisa terpakai sebentar saja karena sebenarnya kalung ini bisa dipakai hingga waktu lama dan dipercaya memiliki manfaat lain.
  1. Harus dipakai setiap hari dan bersentuhan dengan kulit
Nah, untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, kalung Amber Stone harus menyentuh dengan kulit. Jadi ketika menggunakan kalung ini, jangan justru dipakai seperti aksesori kalung biasa di mana biasanya kita menggunakannya di atas pakaian. Kalung ini justru harus menyentuh kulit sehingga kehangatan dari suhu tubuh kita bisa merangsang Amber Stone ini untuk mengeluarkan minyak naturalnya dan nantinya bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh. Jika tidak terkena kulit, minyak natural pun tidak bisa keluar dan akhirnya tidak akan memberikan manfaat apa pun.
  1. Perawatan harus dilakukan dengan baik

Perawatan kalung ini sebenarnya tidak sulit. Hanya saja kita harus mengingat beberapa hal seperti tidak menyimpannya dengan aksesori lainnya yang memungkinkan terjadinya gesekan. Dari beberapa sumber yang saya baca, kalung ini lebih baik dimasukkan dalam pouch yang terbuat dari flannel ataupun beludru. Oh ya, ketika memasak juga tidak disarankan untuk memakai kalung ini karena ditakutkan panas yang dikeluarkan dari kalung bisa memacu untuk kalung mengeluarkan minyak naturalnya. Selain hal diatas, perawatan kalung Amber Stone bisa dibilang cukup mudah. Hanya cukup membersihkannya dengan menggunakan lap dan air sesekali. Mudah kan? Nah, inilah 5 fakta di balik kalung Amber Stone. Setelah membacanya, bagaimana menurut Anda mengenai kalung ini? Tertarikkah untuk menggunakannnya?