Gengs, saat ini kita sedang memasuki musim pancaroba, yaitu peralihan antara musim hujan ke musim kemarau. Di waktu seperti ini, gangguan kesehatan seperti demam dan flu juga merajalela. Maka itu, Kamu perlu hati-hati. Apalagi kalau Kamu termasuk orang yang mudah sakit. Lebih baik tingkatkan kewaspadaan diri dan lakukan pencegahan. Caranya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Berikut 12 cara meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa Kamu lakukan!

Baca juga: Makanan Penambah Daya Tahan Tubuh
 

1. Olahraga Teratur 

Meski belakangan ini hujan masih sering turun, bukan berarti Kamu jadi malas berolahraga. Keluarlah dari rumah, berada di bawah terik cahaya matahari, dan lakukan olahraga ringan. Olahraga rutin akan meningkatkan kesehatan Kamu secara keseluruhan dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat. Hanya dengan berlari atau jogging di sekitar lingkungan rumah, dan berenang serta bermain basket saja juga sudah cukup.

 

2. Makan Sehat

Rutinitas diet sehari-hari memiliki faktor penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah makanan sehat dan penuh nutrisi, serta hindari makanan cepat saji ataupun makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan sodium.

Usahakan makan rutin 3 kali sehari setiap hari. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat untuk mencegah obesitas, yang juga merupakan kondisi kegemukan yang bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi dan menurunkan kekebalan tubuh.

 

3. Tingkatkan Konsumsi Protein

Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging sapi tanpa lemak dan ikan, juga memiliki kandungan zink yang tinggi. Zink itu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

 

4. Konsumsi Makanan Penambah Kekebalan Tubuh 

Makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh adalah buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin serta antioksidan. Beberapa makanan alami yang bisa Kamu konsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah:

  • Telur
  • Yogurt
  • Jahe
  • Bawang putih
  • Apel
  • Daging
  • Wortel
  • Tomat
  • Sayuran berdaun hijau
  • Minyak ikan

 

5. Hindari Gula Olahan

Kamu perlu berhati-hati, karena beberapa makanan bisa menurunkan kinerja fungsi kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula olahan atau gula halus. Menurut penelitian, mengonsumsi 100 gram (8 sendok makan gula) sama dengan minum 2 kaleng soda dan hal tersebut bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga 40%.

 

6. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan dan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan. Beberapa makanan tersebut mengandung gula, bahan buatan, serta lemak yang tidak baik untuk tubuh. Mulai saat ini, biasakanlah mengonsumsi makanan yang lebih alami dan segar, terutama makanan organik yang ditanam sendiri.

Baca juga: Pentingnya Multivitamin bagi Kesehatan Tubuh
 

7. Minum Banyak Air

Minum air putih secukupnya juga sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena bisa meningkatkan kadar oksigen dan keseimbangan cairan di darah. Konsumsi air yang cukup juga meningkatkan produksi limfa atau cairan yang digunakan kekebalan tubuh untuk melakukan sirkulasi sel darah putih dan nutrisi ke seluruh tubuh.

 

8. Kurangi Konsumsi Alkohol, Kafein, dan Rokok 

Hentikan kebiasaan merokok dan juga hindari konsumsi alkohol serta kafein yang berlebihan. Hal-hal tersebut bisa merusak kekebalan tubuh, karena bisa meningkatkan toksisitas. Toksisitas juga bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dan ketidakseimbangan zat kimia pada tubuh. Dampak buruk lain dari merokok adalah meningkatkan risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, serta komplikasi kesehatan lainnya. Alkohol juga melemahkan kinerja sel darah putih.

 

9. Tidur yang Cukup

Pastikan Kamu tidur selama 8 jam dalam sehari. Tidur nyenyak dan dalam adalah salah satu faktor yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Waktu terbaik untuk tidur adalah pukul 22.00 – 06.00. Jadi, hindari begadang terus-terusan, ya Gengs!

 

10. Bersosialisasi dengan Teman

Bertemu dan bersenang-senang dengan teman bisa membantu Kamu untuk rileks, melepas ketegangan, dan melupakan masalah. Terlalu lama bergelut dalam masalah bisa menyebabkan stres, sehingga menurunkan kekebalan tubuh. Teman adalah apa yang Kamu butuhkan ketika memerlukan dukungan emosi ketika merasa sedih. Pastikan Kamu bersosialisasi dengan teman yang bisa membawa hal positif untuk dirimu, ya.

 

11. Biasakan Tertawa 

Stres adalah bagian normal dari kehidupan siapapun. Kamu hanya perlu tahu cara mengatasinya. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja, stres bisa mengganggu keseimbangan hormon tubuh. Nah, cara mengatasi stres secara alami adalah dengan tertawa. 

Sering mendengar istilah ‘tertawa adalah obat yang terbaik’, kan? Memang benar, orang yang lebih bahagia cenderung hidup lebih sehat dan kuat. Tawa bisa meningkatkan keadaan mental secara positif, meredakan stres, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

12. Konsumsi Stimuno Forte 

Mengonsumsi suplemen itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebagai rekomendasi, konsumsilah Stimuni Forte setiap hari secara teratur. Suplemen dalam bentuk kapsul ini membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama Stimuno Forte adalah meningkatkan kerja kekebalan tubuh supaya lebih aktif dan dapat memperbanyak produksi antibodi.

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Sistem Imun

 

Pencegahan adalah obat terbaik. Kalau Kamu meningkatkan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh, secara alami tubuh akan mencegah penyakit. Sistem imun yang sehat dan kuat akan selalu menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit, dari yang ringan hingga yang serius. Oleh sebab itu, lakukan 12 cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh di atas, supaya Kamu terhindar dari penyakit! (UH/OCH)