Makanan yang baik dan bergizi merupakan penunjang kesehatan. Oleh karena itu, kita perlu tahu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Daya tahan tubuh sangat besar sekali kaitannya dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hal ini karena, kalau daya tahan tubuh menurunkan, secara otomatis nafsu makan dan kesehatan tubuh akan turun drastis.

 

Saya sangat fokus dalam memilih makanan yang bermanfaat bagi tubuh. Saya memang terbiasa dengan gaya hidup sehat dan pemilihan makanan yang baik sangat membantu saya agar selalu fit setiap hari. Banyak sekali penyakit yang akan dapat menyerang tubuh ketika daya tahan tubuh sedang menurun. Virus atau bakteri dapat masuk dan merusak sistem tubuh dari dalam. Pembersihan radikal bebas dan regulasi hormon dalam tubuh dapat dilakukan secara alami apabila daya tahan tubuh kita kuat dan stabil. Imunitas atau daya tahan tubuh manusia hanya dapat ditingkatkan secara alami. Karenanya, ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya:

  • Latihan atau olahraga.
  • Mengkonsumsi makanan yang dapat memperkuat imun atau daya tahan tubuh secara alami.

 

Pada pembahasan kali ini, saya akan berfokus pada makanan apa saja yang dapat meningkatkan imunitas. Berikut empat di antaranya. 

  • Bawang putih: Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Bawang putih banyak mengandung vitamin C, B1, B6, mineral (fosfat serta zat besi dan sulfoksida yang merupakan antijamur, antiseptik, dan antibakteri). Bawang putih sangat berkhasiat untuk mencegah berbagai jenis penyakit, seperti pilek, batuk, dan infeksi.
  • Buah: Tidak semua, tapi ada beberapa jenis buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu jambu monyet, duwet, jambu biji putih, gandaria, mangga manalagi. Buah-buah tersebut banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk memperkuat daya tahan tubuh, juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan risiko terserang penyakit cardiovaskular.
  • Ikan: Ikan yang dimaksud yaitu ikan salmon dan tuna, mungkin ada juga ikan lainnya yang saya kurang pahami. Di dalam ikan-ikan tersebut banyak mengandung asam lemak omega 3, yang fungsinya mampu memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan aktivitas sel darah putih yang mampu menghancurkan bakteri yang berbahaya dalam tubuh.
  • Gandum: Seperti yang kita pahami bahwa gandum banyak mengandung serat, protein, serta antioksidan. Gandum juga merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh.

 

Beberapa contoh makanan penambah daya tubuh tersebut dapat membantu kita semua agar staminanya fit setiap hari, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Bahan-bahan makanan tersebut juga tidak susah dicari dan merupakan bahan-bahan yang ada di sekeliling kita. Mari kita jaga kesehatan mulai dari pemilihan makanan yang bergizi bagi tubuh.