Kamu berencana mudik dan belum mendapatkan tiket mudik? Lebaran tinggal menghitung hari, lho Gengs! Kamu dan bagi banyak orang, momen Lebaran sudah pasti menjadi momen yang sangat ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga terutama yang berada di kampung halaman. Mudik menjadi salah satu kegiatan yang rutin dilakukan saat Lebaran datang.

 

Banyak cara dilakukan untuk dapat pergi ke kampung halaman. Ada yang menggunakan kendaraan pribadi, bus, kereta api, pesawat, maupun kapal laut. Bagi yang menggunakan transportasi umum Kamu pasti tahu bila tidak mudah untuk mendapatkan tiket. Menurut data Kementerian Perhubungan, sekitar 55% pemesanan tiket pesawat terjadi pada rentang waktu 30-60 hari sebelum Lebaran. Namun, tidak kurang dari 90% tiket penerbangan promo ludes dalam hitungan menit.

 

Lalu apa yang bisa Kamu lakukan bila melihat fakta tersebut? Jangan khawtair, buat Kamu yang belum dapat tiket dan lebih suka membeli tiket mudik dekat dengan hari raya, atau di menit terakhir, ini ada beberapa tips atau strategi yang dapat Kamu terapkan supaya bisa pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Tips Praktis Atasi Kejenuhan Saat Mudik

 

1. Hindari akhir pekan

Pada hari-hari last minute menjelang Lebaran, harga tiket memang sudah dipastikan akan melonjak tinggi. Jangan kecewa, itu sudah jadi risiko Kamu yang lupa membeli tiket dari jauh-jauh hari. Namun begitu, tiket pada akhir pekan dan hari Senin biasanya akan melonjak lebih tinggi dibandingkan hari-hari lainnya. Jadi ada baiknya Kamu membeli tiket pada hari lain jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah.

 

2. Pergi ke bandara yang ramai

Bagi yang mudik dengan pesawat, ada baiknya Kamu memilih pergi dari bandara internasional yang ramai dibandingkan bandara kecil. Tiket pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta biasanya bisa lebih murah dibandingkan jika Kamu berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma atau Husein Sastranegara. Hal ini terjadi karena ada lebih banyak penerbangan termasuk beberapa penerbangan murah yang dilayani di Bandara Soekarno-Hatta.

 

3. Lupakan waktu pemesanan

Karena sudah last minute, Kamu tak bisa memaksakan diri untuk mendapatkan tiket pesawat atau kereta sesuai dengan waktu yang Kamu inginkan. Dalam situasi ini, jadwal Kamu yang harus menyesuaikan ketersediaan tiket yang ada.

 

 

4. Memilih penerbangan dini hari

Untuk yang memilih pesawat, sebagian besar pemudik lebih menyukai penerbangan pada siang atau sore hari. Padahal, beberapa maskapai kerap memberangkatkan pesawat jelang dini hari. Karena peminat penerbangan saat itu sedikit, tiketnya dijual dengan harga murah. Nah, inilah kesempatan Kamu untuk mendapatkan tiket.

Baca juga: Awas Kena ‘Sindrom Kelas Ekonomi’ Saat Mudik!
 

5. Manfaatkan aplikasi pemesanan

Di zaman serba modern ini, tak ada salahnya Kamu menggunakan aplikasi pemesanan tiket online yang tersedia di ponsel. Tiket last minute biasanya lebih mudah dicari ketika Kamu menggunakan aplikasi dibandingkan melalui website. Hal ini terjadi karena proses klaim tiket lewat aplikasi jauh lebih cepat dan proses loading data pun lebih mudah dibandingkan lewat website.

 

6. Rajin mengecek wesbsite travel

Beberapa website travel biasa memiliki beberapa penawaran menarik untuk Kamu yang ingin membeli tiket ketika last minute. Bahkan menjelang hari raya pun masih ada beberapa potongan harga yang bisa Kamu nikmati. Informasi tentang kereta api ketika last minute seperti penambahan gerbong menjelang hari raya pun bisa didapatkan di sini. Kamu juga bisa memilih satu dari sekian banyak pilihan untuk mendapatkan harga yang paling murah.

 

7. Pesan tiket secara terpisah

Ingin membeli banyak tiket sekaligus untuk keluarga? Beli secara terpisah. Hal ini memberikan Kamu kesempatan untuk bisa mendapatkan tiket dengan harga yang sama murahnya. Semisal Kamu ingin membeli empat tiket, maka belilah dua tiket terlebih dahulu. Atau jika Kamu ingin memesan tiket pulang-pergi, lakukan secara terpisah untuk mendapatkan harga yang termurah. Hal ini terjadi karena biasanya penawaran menarik dikhususkan untuk satu perjalanan saja.

 

8. Pilih maskapai yang paling baik

Khusus yang naik pesawat, memilih maskapai besar sebenarnya menjadi salah satu alternatif. Walaupun harganya memang lebih mahal, tapi tak ada salahnya dicoba. Maskapai besar biasanya memiliki jadwal terbang yang paling banyak dibandingkan maskapai lain.

Baca juga: Waspadai Area-area ini di Pesawat!
 

9. Masukkan nama dalam daftar tunggu

Tanyakan bagian ticketing untuk menanyakan ketersediaan tiket pesawat, dan jangan malas untuk memasukkan nama Kamu dalam daftar tunggu. Pesawat biasanya memiliki cadangan beberapa kursi untuk konsumen yang memiliki kondisi sangat darurat. Jika Kamu mau menunggu, 30 menit sebelum boarding biasanya bagian ticketing memiliki informasi seputar penumpang yang membatalkan penerbangannya saat masa check-in ditutup.

Itu tadi beberapa tips yang patut Kamu coba. Tapi kalau yang benar sih ya beli tiket dari jauh-jauh hari Gengs, biar tenang. (WK/AY)