Bagi beberapa wanita, kondisi rambut yang kering dan juga mengembang pastilah menjadi sebuah mimpi buruk yang tidak ingin dialami. Meski begitu, karena beberapa faktor seperti penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat, penggunaan hair dryer yang teralu sering, atau aktivitas di luar ruangan, tidak jarang justru membuat kondisi rambut menjadi kering dan mengembang. Nah, jika sudah begini, pasti deh mood berubah drastis. Belum lagi jika harus bertemu orang lain dengan kondisi rambut seperti itu. Hiii.... pasti rasa percaya diri Kamu akan langsung anjlok deh.

 

Eits, tapi tenang, jangan merasa frustasi dulu dengan kondisi rambut yang kering dan mengembang tersebut. Kali ini kami akan memberikan beberapa tips yang dapat  dilakukan untuk merawat dan mengatasi masalah rambut kering dan mengembang!

 

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memang sudah dikenal memiliki banyak sekali khasiat bagi tubuh. Salah satu khasiat yang dapat Kamu manfaatkan adalah untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang. Minyak zaitun bermanfaat untuk melembutkan, memperkuat rambut hingga ke batangnya, serta dapat mempertahankan kelembapan rambut. Minyak zaitun juga dipercaya mampu membuat  rambut menjadi bersinar, karena minyak ini dapat menghaluskan kultikula luar rambut.

 

2. Minyak chamomile dan minyak kelapa

Dua jenis minyak ini memiliki khasiat yang dapat membuat rambut lebih bersinar dan juga lembut. Selain itu, minyak chamomile juga dipercaya dapat menenangkan kulit kepala. Untuk menggunakannya pun terbilang mudah, cukup dengan mengoleskan minyak pada rambut. Setelah dioleskan, tutup kepala Kamu menggunakan topi handuk atau shower cap, kemudian tunggu selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci hingga bersih dan keringkan.

 

3. Minyak jojoba

Selain ketiga jenis minyak di atas, minyak jojoba juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah rambut kering dan mengembang Anda. Minyak jojoba memiliki khasiat untuk melembabkan, menambah nutrisi, dan merangsang kulit kepala. Cara penggunaan minyak ini sama dengan jenis minyak lain yang telah disebutkan sebelumnya.

 

4. Gunakan sampo sesuai dengan tipe rambut 

Saat ini sudah banyak sekali varian sampo yang dapat digunakan untuk berbagai kondisi rambut. Nah, ketika Kamu mengetahui bahwa masalah rambut terletak pada kondisi yang kering dan mengembang, maka pilihlah jenis sampo yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah rambut kering. Jangan lupa juga untuk memilih sampo dengan kandungan deterjen (pembersih) yang sedikit serta tidak mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada sampo dapat membuat rambut menjadi lebih cepat kering.

 

5. Gunakan kondisioner

Setelah Kamu mencuci rambut menggunakan sampo yang tepat, hal lain yang tidak kalah penting untuk merawat rambut kering adalah dengan penggunaan kondisioner. Kondisioner dapat membuat kultikula rambut tetap mengandung minyak alami, sehingga rambut Anda tidak menjadi terlalu kering.

 

6. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Jika rambut Kamu termasuk kering dan mudah mengembang, sebaiknya hindari kebiasaan mencuci rambut terlalu sering. Kamu bisa mencuci rambut cukup satu atau dua kali saja dalam seminggu.

 

7. Lindungi rambut dari panasnya alat perawatan rambut dan paparan sinar matahari langsung

Suhu yang terlalu panas pada rambut, berpotensi membuatnya menjadi lebih cepat kering dan cenderung mengembang. Maka dari itu sebaiknya kurangi penggunaan alat perawatan rambut yang bersuhu terlalu panas seperti hair dryer, hari iron, ataupun alat lainnya.

Selain itu hindari pula kebiasaan untuk berlama-lama berada di luar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung. Kamu bisa mengenakan topi atau pelindung kepala lainnya agar rambut terhindar dari suhu panas matahari. Jika Kamu memiliki hobi untuk berenang, sebaiknya kenakan penutup kepala saat berada di dalam kolam renang ataupun laut. Hal ini untuk menghindari rambut terkena klorin dan air garam yang berpotensi membuat kering.

 

8. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman sehat

Perawatan dari luar untuk menjaga agar rambut tidak kering, tidak akan bekerja secara optimal jika Kamu tidak mendukungnya juga dari dalam tubuh. Sebaiknya, konsumsi beberapa jenis makanan sehat, seperti ikan salmon, sayur bayam, dan jambu biji.

 

Mungkin Kamu pernah mendengar sebuah istilah yang mengatakan jika rambut adalah mahkota dari seorang wanita. Karenanya, tidak heran jika wanita berlomba-lomba untuk menampilkan kondisi rambut yang terlihat sehat dan juga menawan. Namun, masalah seperti rambut kering dan mengembang terkadang justru menghantui beberapa wanita, atau mungkin Kamu adalah salah satunya? Nah, semoga dengan membaca beberapa tips di atas, Kamu sudah tidak frustasi lagi ya dengan masalah rambut kering dan mengembang! Semoga bermanfaat!