Penyakit

Penyakit Parkinson (Parkinson's Disease)

Parkinson adalah suatu kondisi neurodegeneratif yang umumnya muncul pada usia di atas 60 tahun. Penyakit ini ditandai dengan gangguan pergerakan kronis dan progresif, yang berarti gejala akan berlanjut dan memburuk seiring berjalannya waktu. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau gemetaran.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti bagaimana cara mencegah terjadinya Penyakit Parkinson. Beberapa penelitian menyebutkan, konsumsi makanan bagi kesehatan saraf, seperti omega-3 dalam ikan, minyak nabati, serta makanan kaya serat, dapat membantu mencegah terjadinya penyakit ini. Namun informasi menjelaskan, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut terkait mekanisme kerjanya.

Gejala-gejala khas yang muncul pada Penyakit Parkinson dikenal dengan T.R.A.P, yaitu:

  1. Tremor.
  2. Rigiditas.
  3. Akinesia atau bradikinesia.
  4. Postural Instability.

Penyakit ini disebabkan oleh sel-sel saraf otak di bagian ganglia basal mulai mengalami degenerasi, sehingga tidak lagi atau kurang memproduksi zat kimia sebagai neurotransmitter yaitu dopamin. Dopamin memiliki peran penting pada fungsi gerak. Maka apabila terjadi kekurangan dopamin, akan muncul berbagai macam gejala khas Penyakit Parkinson.

Diagnosis Penyakit Parkinson dapat ditegakkan dengan pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis saraf . Pemeriksaan penunjang juga bisa dilakukan bila diperlukan, untuk menegakkan diagnosis lain yang gejalanya mirip Penyakit Parkinson (Parkinsonism). Selain karena proses degenerasi, gejala mirip Parkinson dapat juga disebabkan oleh stroke, hidrosepalus tekanan normal, dan beberapa penyakit degeneratif lain.

Penyakit Parkinson belum dapat disembuhkan secara total. Namun, saat ini tersedia beberapa pilihan terapi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit ini. Pengobatannya antara lain fisioterapi, obat-obatan, dan tindakan pembedahan apabila diperlukan.

 

Terdapat berbagai macam obat yang dapat digunakan untuk pengobatan Penyakit Parkinson, antara lain obat golongan levodopa, dopamine agonist, dan golongan lainnya. Pilihan terapi tergantung pada individu dengan mempertimbangkan banyak aspek, seperti usia, alergi, respons tubuh terhadap obat, efek samping yang mungkin muncul, dan faktor lainnya.

Rekomendasi Artikel

Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson

Kenali Gejala Awal Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson termasuk penyakit yang perkembangannya sulit diprediksi. Namun, penyakit ini memiliki stadium yang terbagi berdasarkan tingkat keparahannya.

GueSehat

12 April 2018

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Dapat Menyebabkan Disfungsi Ereksi!

Hati-hati, 7 Penyakit Ini Dapat Menyebabkan Disfungsi Ereksi!

Disfungsi ereksi, atau sering juga disebut impotensi, adalah salah satu masalah seksual yang kerap dialami kaum pria. Pada kondisi disfungsi ereksi ini, terjadi

Yovita Diane Titiesari

26 March 2018

Tremor Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Parkinson

Tremor Bisa Jadi Gejala Awal Penyakit Parkinson

Jika tremor terjadi saat tangan sedang beristirahat dan tidak digunakan, bisa jadi tremor yang Kamu derita merupakan gejala awal penyakit Parkinson.

GueSehat

09 November 2017

Direktori

    Proses...