Bagi masyarakat Indonesia, tidak akan lengkap rasanya jika merayakan Lebaran tanpa melakukan mudik. Namun, melakukan mudik ke kampung halaman, berarti harus meninggalkan rumah tempat tinggal yang ada di kota. Nah, meninggalkan rumah dalam kondisi kosong inilah yang kerap membuat para pemudik merasa khawatir. Pasalnya, kebanyakan orang melakukan mudik dalam waktu yang tidak sebentar, ya paling tidak dalam waktu seminggu.

 

Nah, supaya mudik Lebaranmu kali ini bisa tetap berjalan mulus tanpa perlu merasa was-was karena meninggalkan rumah yang kosong, berikut ada beberapa tipsnya nih yang bisa Kamu persiapkan sebelum keberangkatan!

Baca juga:  Mudik Lebaran Naik Mobil Pribadi? Ini Tipsnya agar Sehat, Aman, dan Selamat

 

Simpan barang-barang berharga

Saat mudik, tentunya Kamu tidak akan membawa semua barang berharga milikmu ke kampung halaman. Barang-barang berharga seperti perhiasan, alat elektronik, dan surat-surat berharga mungkin akan Kamu biarkan berada di satu tempat di dalam rumah. 

 

Nah, untuk membuat barang-barang ini tetap terjaga keamanannya, sebelum berangkat pastikan Kamu mengingat barang berharga apa saja yang Kamu tinggalkan selama mudik. Jika itu adalah uang tunai, hitung jumlahnya. Setelah itu, simpan barang-barang berharga tersebut dalam tempat yang berbeda atau secara terpisah. Jika memilki brankas, Kamu bisa meletakannya di sana. Selain itu, jika Kamu meninggalkan kendaraan pribadi, pastikan Kamu memasang kunci ganda pada kendaraan tersebut untuk memastikan keamanannya.

 

Pastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci

Untuk menjaga keamanan dan mencegah seseorang yang tidak diinginkan masuk dalam rumahmu, pastikan jika Kamu telah mengunci rapat semua pintu, jendela, dan juga pintu garasi. Pasanglah kunci pengaman tambahan seperti gembok di pintu gerbang untuk membuatnya lebih aman.

 

Pastikan semua sumber listrik dan api dalam kondisi mati

Memastikan sumber listrik dan api dalam kondisi mati sangat penting dilakukan sebelum perjalanan mudik. Sumber listrik yang tidak dimatikan berisiko menyebabkan korsleting dan memicu terjadinya kebakaran. Untuk itu, sebelum keberangkatan, pastikan jika Kamu sudah mencabut listrik yang tidak dibutuhkan selama Kamu pergi, seperti AC, kulkas, televisi, dan barang elektronik lainnya.

 

Selanjutnya, cabut selang gas dari kompor dan pastikan jika tabung gas tidak mengalami kebocoran. Meski tidak digunakan selama Kamu pergi, kebocoran tabung gas bisa memicu terjadinya kebakaran. Selain suber listrik dan api, periksa kembali sumber air, seperti keran dan shower. Pastikan jika semuanya sudah tertutup dengan baik.

Baca juga: Cara Agar Si Kecil Tidak Rewel di Jalan Saat Mudik

 

 

 

Pasang CCTV

Bagi Kamu yang memiliki dana lebih, tidak ada salahnya untuk memasang CCTV di rumah. CCTV sangat bermanfaat untuk memantau semua kejadian di sekitar rumahmu selama Kamu pergi. Bahkan, saat ini sudah ada CCTV yang terkoneksi langsung dengan gadgetmu, sehingga Kamu bisa dengan mudah memantau kondisi rumah yang Kamu tinggalkan selama melakukan mudik Lebaran.

 

Buatlah kondisi rumah seolah-olah tidak sedang ditinggalkan

Cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk mengecoh orang-orang yang berniat jahat pada rumahmu adalah dengan membuat kondisi rumah seperti biasa, layaknya Kamu sedang ada di rumah. Biarkan lampu di bagian teras rumah atau kamar depanmu menyala. Ini akan membuat orang-orang mengira bahwa Kamu ada di dalam rumah. Oh ya, Kamu juga bisa mengecoh dengan cara membiarkan sepatu dan sandal berada di luar pintu rumah. Sepatu dan sandal yang berantakkan ini bisa membuat orang berpikir jika rumahmu tidak dalam kondisi kosong.

 

Komunikasikan kepergian mudikmu kepada tetangga, RT, dan RW

Ada yang mengatakan jika tetangga adalah keluarga terdekat setelah keluarga kita sendiri. Untuk itu, jangan lupa untuk menginformasikan kepergianmu kepada mereka. Dengan menginformasikan kepergianmu, mereka bisa membantu menjaga rumah selama Kamu melakukan mudik.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melapor kepada RT dan RW setempat mengenai rencana mudikmu. Tujuannya agar  pemimpin lingkungan bisa mengoordinasikan kepada petugas keamanan agar memberikan pengawasan yang lebih terhadap rumahmu. Agar lebih dapat memastikan kondisi rumahmu selama ditinggal mudik, Kamu juga bisa meminta nomor kontak RT, RW, dan petugas keamanan.

 

Meninggalkan rumah dalam kondisi yang benar-benar aman tentu akan membuatmu tenang selama melakukan perjalanan mudik. Untuk itu, pastikan jika Kamu melakukan semua trik di atas ya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (BAG/AY)

Baca juga: Takut Sakit Saat Mudik? Jangan Lupa Bawa Kartu BPJS, Ya!
 

Berkendara Bagi Penderita Diabetes -GueSehat.com