Mums, apakah sudah merencanakan mudik Lebaran tahun ini? Jika sudah, apakah Mums juga berniat untuk mengajak si Kecil ikut bersama? Kalau memang iya, pastinya momen mudik ini akan menjadi momen istimewa untuk Mums dan juga si Kecil.

Namun begitu, mengikutsertakan si Kecil dalam perjalanan mudik itu bukan hal mudah lho, Mums. Ada banyak hal yang harus Mums persiapkan, terlebih jika si Kecil sudah memasuki tahap mengonsumsi MPASI. Nah, untuk Mums yang ingin melakukan mudik bersama si Kecil, berikut ada beberapa tips mempersiapkan MPASI selama perjalanan.

Baca juga: Hal Penting yang Harus Dibawa untuk Berlibur Saat Anak MPASI

 

Perhatikan jenis makanan yang perlu dibawa

Selama perjalanan, usahakan untuk menyiapkan makanan yang praktis untuk si Kecil. Roti, biskuit, keju, dan buah seperti pisang dapat menjadi pilihan. Pastikan juga jika makanan yang Mums berikan selama perjalanan ini merupakan makanan sehari-harinya agar ia tidak merasa kaget dengan situasi barunya ini. Untuk memudahkan, susun menu MPASI si Kecil dua atau tiga hari sebelum Mums melakukan perjalanan mudik.

 

Oh ya, jika si Kecil sudah terbiasa untuk mengonsumsi bubur instan, tak ada salahnya untuk memberikannya selama perjalanan mudik. Membuat bubur instan cukup mudah. Mums hanya perlu menyeduhnya menggunakan air panas.

 

Pastikan si Kecil mengonsumsi MPASI dengan porsi yang cukup

Selain dari jenis makanannya, pastikan juga jika si Kecil tidak merasa kelaparan hanya karena ia tidak mendapatkan makanan dalam jumlah yang cukup. Untuk itu, bawalah makanan MPASI si Kecil dalam porsi yang cukup, jika perlu bawalah beberapa porsi tambahan. Porsi tambahan ini bisa diberikan saat terjadi kemacetan atau delay keberangkatan. Sebagai gambaran, bayi berusia 6-9 bulan biasa makan 2-3 kali per hari, sementara bayi usia 9-12 bulan makan 3-4 kali dalam sehari.

 

 

Bawa perlengkapan MPASI selama perjalanan

Pure buah atau sayuran merupakan menu wajib dalam sajian MPASI anak. Simpan pure ini dalam baby cube berukuran 40 ml agar mudah saat memanaskannya, dan memiliki takaran yang pas untuk bayi 6 bulan.

 

Nah, selanjutnya untuk memastikan pure buah atau sayuran dalam kondisi segar selama perjalanan, Mums bisa membawa cooler box atau cooler bag. Cooler box akan membuat bahan makanan bertahan selama 7-8 jam, dan 4-5 jam di dalam cooler bag. Pastikan jika Mums membawa blue ice yang cukup banyak di dalam cooler box atau cooler bag agar suhu dingin di dalamnya tetap terjaga. Selain itu, Mums juga bisa membawa perlengkapan MPASI seperti parutan atau blender tangan. Alat ini bisa digunakan sewaktu-waktu jika persediaan pure si Kecil habis dalam perjalanan.

 

Oh ya, jika Mums mudik menggunakan mobil pribadi atau bus, jangan lupa juga untuk membawa termos yang berukuran agak besar berisi air panas. Air panas ini sangat berguna untuk menyeduh bubur MPASI atau susu yang diperlukan si Kecil. Namun, jika Mums mudik menggunakan kereta api atau pesawat, biasanya mereka menyediakan air panas yang bisa Mums minta untuk menghangatkan makanan si Kecil.

 

Tetap menyusui selama perjalanan

Perjalanan selama mudik membuat bayi membutuhkan banyak cairan. Walaupun sudah mengenal MPASI, ASI tetaplah makanan utama bayi. Maka itu, usahakan untuk tetap menyusui si Kecil selama perjalanan. Jika tidak memungkinkan untuk menyusui, bawalah persedian ASI yang telah dimasukkan dalam botol susu si Kecil.

 

Mums, itulah beberapa tips menyiapkan MPASI si Kecil selama perjalanan mudik Lebaran. MPASI beres, Mums dan si Kecil bisa tetap nyaman selama perjalanan mudik! (BAG/WK)

Baca juga: MPASI Saat Travelling

 

MPASI Anak -GueSehat.com