Di artikel sebelumnya, saya pernah menulis tentang apa saja yang perlu dibawa saat berlibur dengan bayi. Nah kali ini saya mau berbagi tips tentang apa saja yang perlu dibawa jika anak sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Saya termasuk ibu yang ngga mau ribet. Untuk urusan MPASI pun saya tidak terlalu strict untuk tidak mengonsumsi makanan instan sama sekali atau tidak mengkonsumsi gula garam sama sekali. Tentunya memang makanan-makanan tersebut sebisa mungkin tidak dikonsumsi dulu untuk bayi di bawah 1 tahun karena pencernaannya belum kuat. Namun, jika keadaan terpaksa, saya masih mentoleransi asal masih dalam batas wajar dan tidak terlalu banyak. Untuk ibu-ibu yang masih strict soal ini, mungkin bisa di skip bagian itu ya. Saat ini Elika sudah berusia 9 bulan lebih. Memang sengaja dari awal MPASI, Elika sudah saya biasakan makan makanan yang biasa kita makan sehari-hari, cuma di-versi-bayi-in aja. Dan saya juga ngga anti-anti banget sama makanan instan. Jadi kalau memang kepepet, ngga apa-apa makan instan sekali-sekali. Tapi dari sebelum berangkat, saya sudah cari cara untuk mengakali biar sebanyak mungkin Elika tetap makan non-instan.

1. Hari pertama sudah saya siapkan makanan dari rumah, taruh di termos 3 susun untuk pagi, siang, dan malam.
  2. Untuk besok-besoknya, sarapan di hotel biasanya ada buah, bubur, atau omelet. Jadi aman. Untung kemarin juga omeletnya ngga pakai gula garam. Nah, untuk buah-buahannya biasanya saya simpan di tempat makan Elika untuk nanti siang dimakan lagi. Sesampainya di kamar hotel, bisa taruh di kulkas jika ada.
  3. Makan siang, karena saya harus kerja dan papanya yang jagain sendirian di hotel, terpaksa elika makan instan karena hotel yang kemarin tidak bisa pesan makanan di restorannya. Saya memang sudah bawa bubur bayi instan dan oatmeal instan jadi tinggal seduh aja. Kalau ada restoran sih enak ya. Bisa pesan makanan tertentu.
  4. Makan malam, kalau ikut kami makan di luar, bisa dikasih nasi dan lauknya aku udah bawa abon bayi. Syukur-syukur kalau bisa dapat lauk di restoran yang bisa dimakan Elika.

Berikut saya jabarkan apa saja yang saya bawa ketika kemarin berlibur bersama Elika ke luar kota.

1. Peralatan makan (piring, sendok, mangkok). Kalau saya sih bawa 1 set termos makan yang isinya 3 susun. Jadi kalau mau jalan-jalan, bisa siapkan 1x untuk 2-3x makan dan tetap hangat hingga beberapa jam ke depan. Sendok juga saya bawa yang ada tempatnya sehingga tidak kotor dimasukkan ke dalam tas.
  2. Kukusan perlu nggak? Karena Elika sudah 9 bulan, jadi makannya tidak perlu dikukus-kukus lagi. Tapi jika anak Anda masih mengonsumsi makanan yang dikukus, bisa dipertimbangkan juga untuk minta dikukusin di hotel. Tapi pastikan dulu hotel tempat menginap nanti ada restoran ya.
  3. Pisau? Pinjam juga sama restoran.
  4. Parutan keju dan parutan wortel.
  5. Saringan jika anak Anda makannya masih disaring.
  6. Extra virgin olive oil (evoo) dan unsalted butter. Ini penting sebagai tambahan lemak
  7. Keju cheddar.
  8. Snack (biskuit bayi).
  9. Untuk bayi yang sudah agak besar (8 bulan ke atas) boleh bawa abon bayi.
  10. Untuk jaga-jaga, saya bawa quaker oat dan bubur bayi instan. Untuk menyeduhnya tinggal panaskan air menggunakan alat untuk menyeduh kopi atau teh.
  11. Untuk bahan makanan, saya memilih untuk belanja di kota tujuan saja. Biasanya saya beli buah atau sayur di supermarket.

Nah, kira-kira ini tips dari saya untuk ibu-ibu yang ingin jalan-jalan dengan anaknya yang sudah MPASI. Mohon maaf ya jika ada yang kurang berkenan. Jika ada yang punya tips MPASI homemade untuk bepergian, boleh dong dishare juga