Kamu sering kali begadang dan merasa sulit tidur? Tenang Gengs, agar tidurmu menjadi berkualitas, banyak cara yang bisa dilakukan, nih. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat sebelum tidur. Apa saja makanan sehat yang dapat memperbaiki kualitas tidurmu? Dirangkum dari Reader’s digest, berikut 9 makanan yang dapat membuat Kamu cepat ngantuk dan memperbaiki kualitas tidurmu.

 

1. Kacang Almond

Kacang almond kaya akan magnesium yang dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas tidurmu. Selain dapat memperbaiki kualitas tidur, almond juga baik untuk kesehatan tulang, Gengs. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Orthomolecular Medicine menemukan, saat kadar magnesium dalam tubuh terlalu rendah, hanya akan membuat kita menjadi lebih sulit untuk tidur.

 

2. Keju dan Crackers

Beberapa dari kita mungkin percaya kalau susu dapat membuat kita menjadi mengantuk. Faktanya nih, produk olahan susu seperti keju dan crackers justru dapat memperbaiki kualitas tidur. Kalsium (yang biasa ditemukan dalam keju, yoghurt, atau susu) membantu otak menggunakan tryptophan yang ditemukan dalam produk susu. Typtophan ini memproduksi melatonin yang dapat membuat kamu mengantuk dan segera tidur.

Baca juga: Jenis Keju yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

 

 

3. Selada

Siapa nih Geng Sehat yang suka makan salad? Salah satu sayur sebagai komponen dari salad dapat memperbaiki kualitas tidurmu, lho. Selada mengandung lactucarium yang dapat menenangkan, memengaruhi kerja otak dan merangsang untuk tidur.

 

4. Ikan Tuna

Beberapa jenis ikan seperti ikan tuna ataupun salmon dapat memengaruhi kualitas tidurmu menjadi lebih baik nih, Gengs. Kedua jenis ikan tersebut mengandung vitamin B6 yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh Kamu untuk memproduksi melatonin (mengatur siklus tidur) dan serotonin (hormon yang mengatur aktivitas sel dan organ tertentu dalam tubuh). Selain ikan tuna dan salmon, makanan lain yang mengandung vitamin B6 ialah bawang putih.

Baca juga: Manfaat di Balik Nikmatnya Ikan Salmon

 

5. Nasi

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Menurut penelitian di Australia, kalau Kamu makan nasi dengan jumlah tertentu dapat membuat kamu mengantuk dan tertidur. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan nasi pandan wangi disertai dengan makanan lainnya akan tertidur lebih cepat daripada mereka yang makan dengan nasi selain pandan wangi lho, Gengs.

 

6. Jus Ceri

Segelas jus ceri bisa membuat Kamu tertidur lebih cepat, nih. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti dari Universitas Pennsylvania dan Rochester. Ceri, menurut peneliti, secara alami meningkatkan tingkat melatonin. Dalam studi tersebut, subjek penelitian yang meminum jus ceri mengalami peningkatan dalam kualitas tidur dan gejala insomnia yang berkurang dibandingkan dengan mereka yang tidak minum jus tersebut.

 

7. Sereal

Menurut National Sleep Foundation, semangkuk sereal favorit Kamu sebelum tidur dapat membantu Kamu mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas. Makanan ringan ini menggabungkan dua komponen untuk yang dapat membuat Kamu cepat mengantuk yaitu, karbohidrat (dari sereal) dan kalsium (dari susu).

Baca juga: Karbohidrat Penting Bagi Tubuh, Jangan Dihindari Ya!

 

8. Chamomile Tea

Chamomile tea dapat menghilangkan stres dan membantu Kamu lebih cepat tidur. Berdasarkan penelitian, teh ini dihubungkan dengan peningkatan glisin, zat kimia yang dapat melemaskan saraf otot dan dapat membuat Kamu mengantuk. Buat Kamu yang suka minum teh tapi sering insomnia, coba deh gantikan tehmu dengan chamomile tea ini.

 

9. Madu

Menurut Pakar Gizi Lindsey Duncan yang dikutip dari DrOz.com, gula alami yang biasa ditemukan pada madu sedikit meningkatkan insulin dan memungkinkan triptofan masuk ke otak menjadi lebih mudah. Ia menyarankan untuk mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur atau dicampurkan dengan chamomile tea untuk membuat tidur Kamu menjadi lebih berkualitas. (TI/WK)