Bagi anda yang apabila sakit akan langsung ke dokter, atau sering melakukan check up kesehatan sering merasa bahwa apa yang disampaikan oleh dokter memang benar seratus persen dan membuat anda tidak banyak bertanya mengenai apa yang terjadi pada diri anda. Padahal tidak semua dokter yang menangani anda menyampaikan semuanya secara detail apabila anda tidak bertanya, sehingga membuat anda tidak memahami lebih mendalam apa yang anda terima. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya anda tanyakan kepada dokter anda;

1 . Adakah pilihan alternatif lain?

Biasanya dokter dalam melakukan pengobatan terhadap pasiennya akan menyampaikan apa yang diberikan atau lakukan terhadap pasien yang terbaik bagi pasien, tetapi tidak bertanya mengenai pilihan alternatif lain.

2 . Apa hasil yang diterima?

Tanyakan kepada dokter anda mengenai hasil apa yang akan anda terima setelah mengikuti pengobatan tersebut, dan cari tahu apa saja yang efek samping dari pengobatan tersebut. Selain tanyakan juga mengenai pengobatan alternatif lain, mana yang lebih baik dan seperti apa kelebihan dan kekurangan masing-masing pengobatan.

3 . Pengobatan dapat dilakukan segera atau bisa lain waktu?

Saat anda berobat ke dokter sering sekali anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kesehatan anda, tanyakanlah apakah bisa dilakukan lain waktu atau apabila memang diharuskan segera dilakukan tanyakan mengapa harus segera dilakukan.

4 . Apa yang sebaiknya anda perbaiki untuk kesehatan anda?

Banyak orang yang melakukan cek kesehatan kepada dokter akan merasa bahwa hanya dengan mengkonsumsi obat dari dokter sudahlah cukup untuk membuat tubuh anda kembali sehat, tetapi sebaiknya anda tetap tanyakan kepada dokter anda apa yang sebaiknya anda lakukan untuk mendukung kesembuhan anda supaya dapat lebih cepat sembuh dan kesehatan terjaga.

5 . Apa efek samping yang diterima?

Selalu tanyakan apa efek samping yang akan anda terima atas pengobatan atau obat yang anda konsumsi, supaya anda ketahui mana yang lebih baik anda pilih dan anda juga bisa mengetahui efek samping dari apa yang anda terima.

6 . Kapan hasil pemeriksaan akan diterima?

Biasanya anda akan menunggu kabar dari pihak rumah sakit mengenai kapan hasil pemeriksaan akan diterima, atau terkadang pihak rumah sakit tidak memberitahukannya. Mulai sekarang biasakanlah untuk menanyakan kapan hasil pemeriksaan akan anda terima, paling tidak tanyakan kira-kira berapa lagi anda akan menerima hasil pemeriksaan anda.

7 . Berapa biaya yang dikeluarkan?

Tanyakan pada dokter atau petugas berapakah biaya yang akan dikeluarkan dalam pengobatan atau obat yang dikonsumsi, supaya anda bisa mengetahui atau membandingkannya dengan yang lain juga. Nah ladies, mulai sekarang biasain yahh buat tanya lebih detail mengenai pengobatan yang anda terima!