Mudik ke kampung halaman saat Lebaran memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Sayangnya karena satu dan lain hal, mungkin Kamu harus mengurungkan niat tersebut. Awalnya pasti cukup mengecewakan ya, karena tidak bisa bertemu dengan keluarga besar saat hari raya. Namun enggak usah sedih Gengs, karena Kamu masih bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengisi waktu liburmu!

 

Lakukan hobimu

Tidak mudik bukan berarti Kamu harus berdiam diri di rumah sepanjang waktu liburan. Cobalah untuk melakukan lagi hobi yang sempat terhenti karena kesibukanmu selama ini. Misalnya, jika Kamu memiliki hobi fotografi, pergilah ke tempat-tempat yang memiliki spot bagus untuk difoto. Atau jika Kamu hobi berolahraga, pergilah ke tempat kebugaran. Selain bisa mengisi waktu, Kamu juga bisa produktif dan sehat!

Baca juga: Cara Mudah Bakar Lemak dan Kalori Lewat Aktivitas Sehari-hari

 

Cobalah hal-hal baru

Jika Kamu tidak memiliki hobi yang spesifik, tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan yang belum pernah Kamu coba, lho. Misalnya, mengambil kursus bahasa asing atau mengikuti kelas membuat kerajinan tangan. Siapa tahu kegiatan-kegiatan ini bisa menjadi hobi baru Kamu!

 

Pergilah ke acara musik

Biasanya, beberapa tempat yang tetap buka selama libur Lebaran akan menyelenggarakan acara musik. Nah, cari tahu mengenai jadwal acara tersebut dan atur waktu agar Kamu bisa menghadirinya. Selain menghibur diri, Kamu bisa bertemu dengan teman-teman baru.

 

Menikmati jalanan yang lengang

Kalau biasanya jalan selalu dipadati dengan kendaraan, ketika libur Lebaran suasananya bisa berubah 180 derajat, Gengs! Kebanyakan orang akan kembali ke kampung halaman, sehingga jalan menjadi lengang. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk berjalan-jalan menghabiskan waktu. Kamu bisa menikmati kosongnya jalan menaiki sepeda atau menggunakan transportasi umum.

 

 

Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan

Jika Kamu biasanya berdesak-desakan berburu diskon atau mengantre cukup lama untuk membayar belanjaanmu, maka Kamu tidak akan mengalaminya saat libur Lebaran. Biasanya, beberapa pusat perbelanjaan masih mengadakan sale. Ini jadi kesempatan yang bagus kan untuk berburu pakaian yang sudah Kamu idam-idamkan?

 

Menonton film

Kegiatan apa lagi yang mengasyikkan untuk dilakukan selama libur? Yup, menonton film! Pastinya saat libur Lebaran bioskop tidak akan seramai biasanya. Jadi, Kamu tidak perlu mengantre lama hanya untuk mendapatkan tiket. Nah, buat Kamu yang enggak mau keluar rumah, Kamu masih bisa menonton film melalui DVD atau streaming di dunia maya.

 

Bertemu dengan teman yang juga tidak mudik

Tenang Gengs, bukan hanya Kamu kok yang enggak mudik. Masih ada beberapa teman yang bernasib sama denganmu. Nah, biar Kamu enggak merasa sendiri, coba ajak mereka bertemu. Kalian jadi bisa seru-seruan bareng, deh!

Baca juga: Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik Lebaran dengan Tips Berikut!

 

Membersihkan kamar dan rumah

Kalau Kamu lebih memilih untuk tidak ke mana-mana, Kamu masih bisa kok melakukan hal produktif di rumah, seperti membersihkan kamar dan rumah. Selain itu, waktu libur ini juga bisa Kamu manfaatkan untuk mendekorasi ulang ruangan di rumahmu.

 

Berkreasi dengan resep baru

Nah, buat Kamu yang hobi memasak, waktu libur bisa menjadi kesempatan bagimu untuk mencoba berbagai resep baru! Coba cari referensi resep yang belum pernah Kamu coba dan mulailah bereksperimen di dapur.

 

Tidak bisa mudik saat Lebaran mungkin akan membuatmu sedikit kecewa. Namun, jangan bersedih hati, Gengs. Bukan berarti Kamu enggak bisa melakukan hal lain yang lebih seru, kok! (BAG/AS)

Baca juga: Ini 5 Jenis Makanan & Minuman untuk Menetralkan Lemak dari Hidangan Lebaran

 

Membakar Kalori dengan Kegiatan Sehari-hari -GueSehat.com