Bakar Lemak   Memiliki berat badan yang berlebihan merupakan problema sebagian besar wanita. Bebagai upaya pun dilakukan untuk menurunkan berat badan, bahkan tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk mewujudkannya. Padahal, ada cara mudah dan murah untuk membakar lemak pada tubuh Anda. Kuncinya adalah jangan malas bergerak dan bekerja! Anda cukup melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah dengan maksimal. Misalnya, dalam sehari Anda mulai menyapu rumah, mengepel, mencuci piring, memandikan anak, memasak, kemudian berbelanja. Jika dijumlah, semua aktivitas tersebut bisa membakar sekitar 700 kalori, lho! Tidak percaya? berikut rinciannya:
  1. Menyelesaikan Pekerjaan Rumah = 390 kalori

Menyapu, menyedot debu, dan mengepel bisa menjadi satu paket bersih-bersih rumah yang bisa dilakukan setiap hari. Meski sepele, aktivitas ini dapat membakar banyak kalori dalam tubuh Anda. Lisa Jey Davis, praktisi kebugaran yang sudah berpengalaman di Amerika mengatakan bahwa bersih-bersih rumah bisa membantu membakar 390 kalori dalam tubuh. Jika dirincikan, ketika Anda mengepel lantai selama 30 menit akan membakar 187 kalori, 30 menit menyapu lantai akan membakar 153 kalori, dan menyedot debu dapat membakar 50 kalori selama 30 menit. Lumayan sekali bukan? Untuk itu, jangan heran jika kebanyakan ibu rumah tangga yang mengurus rumah tanpa pembantu bisa memiliki tubuh yang ideal tanpa berlatih ke pusat kebugaran tertentu. Supaya bisa membakar kalori lebih besar lagi, coba lakukan gerakan yang lebih membutuhkan banyak energi. Misalnya ketika membersihkan lantai, Anda menggunakan tongkat pel dan ember. Lalu untuk menyapu buat alternatif gerakan membungkuk dan menegakkan badan dengan irama teratur. Jangan lupa untuk lakukan peregangan terlebih dahulu untuk memastikan otot siap bekerja!
  1. Memasak = 100 kalori

Ada yang punya hobi memasak? Mungkin Anda beranggapan jika orang yang punya hobi memasak justru akan memiliki berat badan berlebih. Eits, jangan salah! Memasak justru bisa membakar kalori dalam tubuh kira-kira 100-139 kalori, tergantung pada jenis masakan dan cara pembuatannya. Kalori dalam tubuh sudah mulai dibakar sejak Anda mempersiapkan bahan-bahan yang akan dimasak, seperti saat mencuci bahan , mengiris, dan menghaluskan bumbu-bumbu yang akan dimasak. Semakin banyak gerakan yang dilakukan maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Selain kalori yang terbakar, Anda juga bisa melatih otot tubuh melalui aktivitas memasak. Ketika Anda memasak sambil berdiri maka akan melatih otot lengan dan juga kaki. Sedangkan jika Anda memasak sambil duduk, maka hanya otot pergelangan tangan saja yang akan bekerja.
  1. Berbelanja = 350 kalori

Kalau yang satu ini sih semua wanita pasti senang untuk melakukannya. Hampir setiap minggu, Anda tentu memiliki jadwal rutin untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga. Dibalik hobi yang menyenangkan ini, ternyata Anda bisa membakar sekitar 350 kalori/ jam tanpa harus pergi ke tempat fitness. Supaya kalori yang terbakar lebih optimal, coba Anda mendorong troli dan membeli barang-barang yang paling berat terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi strategi Anda agar beban pada troli sudah cukup berat dari awal berbelanja. Semakin berat beban pada troli maka semakin banyak pula tubuh mengeluarkan energi. Tapi jangan gunakan alasan ini untuk boros dan banyak belanja, ya! Jika memang Anda punya banyak waktu, ambil saja beberapa barang yang berat kemudian setelah berkeliling Anda bisa kembalikan ke tempat semula jika barang sebenarnya tidak dibutuhkan. ;p Masih ada aktivitas lain yang juga mudah dilakukan untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh Anda, seperti bermain bersama anak. Memiliki anak yang aktif tentu akan membuat Anda semakin banyak bergerak ketika bermain bersamanya. Lisa Jey Davis pun mengatakan mengambil contoh dengan bermain petak umpet, kuda-kudaan, dan berlari-larian bersama anak bisa membakar sebanyak 400 kalori/ jam dalam tubuh Anda. Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap menyempatkan diri berolahraga pagi, seperti lari pagi atau hanya melakukan yoga ringan secara mandiri di rumah.