Seiring bertambahnya usia, bukan berarti Kamu lupa untuk menjaga kondisi berat badan. Perlu diketahui, metabolisme seseorang akan melambat sekitar 5 persen untuk setiap dekade umur seseorang setelah mencapai 40 tahun. Ini artinya, di usia 20an, tubuh bisa membakar 300 kalori lebih mudah dibanding usia 30 atau 40. 

Baca juga: Berat Badan Tidak Stabil? Ini 14 Penyebabnya!
 

Lalu, apakah turun berat badan di usia menginjak 40 sulit dilakukan? Tentu tidak! Dikutip dari Bright Side, ada 8 cara yang mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan. Jadi, Geng Sehat yang telah memasuki usia 40 tahun tidak perlu khawatir untuk menjaga keseimbangan tubuh, meskipun usia sudah tidak lagi muda.

 

1. Pilih olahraga yang tepat

Metabolisme yang melambat membuat tubuh memerlukan lebih dari olahraga kardio selama 30 menit per harinya. Di usia ini, tubuh juga membutuhkan 4 hingga 5 sesi latihan ketahanan dalam seminggu, seperti clams, step up, sit up, dan push up untuk menjaga massa otot dan membakar lebih banyak kalori. Berjalan setidaknya 10 ribu langkah per hari menjadi cara yang bagus untuk membantu metabolisme tubuh tetap fit.

 

2. Realistis membuat target

Jangan terlalu memaksa untuk kurus dalam seminggu. Yang ada, Kamu akan mengalami stres, baik saat menjalankannya atau bila tidak mencapai targetnya. Akan lebih baik mematok target yang lebih realistis, seperti mengurangi satu atau dua kilo setiap minggu. Ini menjadi tujuan yang sehat untuk membantu Kamu membangun gaya hidup yang sehat dan bugar dalam jangka panjang.

 

3. Minum vitamin

Memasuki usia 40 tahun hal yang sangat penting diperhatikan adalah asupan makanan yang mengandung banyak vitamin B12, kalsium, kalium, omega 3, dan probiotik. Kamu bisa mendapatkan semua vitamin itu dengan mengenal komposisi dari makanan yang Kamu konsumsi, seperti kacang, alpukat, yoghurt, dan banyak jenis makanan lainnya. Pastikan makanan itu memiliki kandungan zat-zat penting tersebut. 

 Baca juga: Mengapa Multivitamin Penting untuk Tubuh?

 

 

4. Makan teratur

Makan teratur namun secara berkala, harus menjadi prioritas. Melewatkan jam makan hanya akan mengganggu metabolisme tubuh karena membuatnya menyimpan lebih banyak lemak. Jangan lupa untuk sarapan dan jangan ngemil di malam hari.

 

5. Istirahat yang cukup

Istirahat secukupnya sangat baik untuk membuat tubuh sehat dan ramping. Penelitian membuktikan, bahwa kurang tidur mendorong otak untuk membuat keputusan yang buruk dan mudah lapar. Kelaparan dapat membuat Kamu makan berlebihan. Jauhkan ponsel dan komputer sebelum Kamu tidur.

 

6. Turunkan suhu

Udara dingin membantu Kamu untuk membakar lemak, bahkan saat tidur. Karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk tetap hangat. Para ilmuwan menyarankan agar suhu rumah tetap pada suhu 19 derajat Celcius.

 

7. Minum air yang cukup

Jika Kamu mudah kembung, jangan membuat kesalahan dengan mengurangi asupan air. Justru dengan minum banyak air akan membantu mengurangi kembung. Air juga membantu mendetoksifikasi tubuh. Minum segelas air putih sebelum makan akan mengurangi nafsu makan dan jumlah kalori yang dikonsumsi semakin sedikit. Minum air dingin akan membantu membakar kalori berlebih dalam tubuh.

Baca juga: Hidup Sehat dengan Minum Air Putih
 

8. Cek kesehatan secara rutin

Meski sudah melakukan beragam cara untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun, namun berat badan tidak kunjung turun. Itu berarti Kamu perlu merawat hati dan tiroid. Kamu harus konsultasikan hal ini dengan dokter tentang perubahan gaya hidup dan diet yang memungkinkan.

 

Metabolisme tubuh yang melambat bukan halangan untuk Kamu mengatasinya. Sudah seharusnya Kamu menerapkan pola hidup sehat, agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter, ya Gengs. (WK/OCH)