Bangun pagi untuk berolahraga, bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang. Apalagi jika Anda bekerja sepanjang minggu dan merindukan bangun sedikit lebih siang di akhir pekan. Bangun pagi ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Apalagi jika dilanjutkan dengan berolahraga. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berolahraga, karena dapat meningkatkan metabolisme, energi untuk beraktivitas, dan mood baik. Jika Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, lakukan beberapa cara mudah bangun pagi berikut.  
  • Bantu dengan sinar matahari

  Menurut National Sleep Foundation, ketika mata merasakan cahaya matahari, otak akan bereaksi sehingga menyebabkan tubuh terjaga dan berenergi. Karenanya, ubah posisi tempat tidur Anda ke arah timur, arah yang sama dengan terbitnya matahari. Jika Anda sudah terbangun namun masih mengantuk, paksakan tubuh untuk berdiri di dekat jendela atau pintu, tempat sinar matahari masuk.
  1. Aroma kopi

Kopi bisa digunakan untuk merangsang kerja otak. Jika Anda memiliki mesin pembuat kopi, atur supaya bekerja di pagi hari dan ‘membangunkan’ Anda.
  1.  Cukup tidur

Cukup tidur ternyata memudahkan untuk segera bangun pagi keesokan harinya. Hal tersebut berarti seseorang harus tidur setidaknya 7-8 jam saat malam hari. Untuk memudahkan tidur pastikan semua gadget dalam keadaan mati. Bila perlu rendahkan suhu kamar dan nyalakan musik yang membuat Anda rileks, serta tidur lebih nyenyak.
  1. Jangan sentuh tombol snooze

Atur alarm Anda agar berbunyi di menit-menit terakhir. Kemudian, letakkan alarm tersebut jauh dari jangkauan, sehingga Anda tidak tergoda untuk menekan tombol snooze dan tidur kembali. Jika alarm berbunyi, Anda terpaksa harus bangun dari tempat tidur dan berjalan untuk mematikannya.
  1. Lakukan hal kecil berikut

Awali pagi Anda dengan kegiatan sehat agar tubuh benar-benar bangun dan tidak mengawang, seperti:
  • Tarik napas dalam-dalam tiga atau empat kali.
  • Duduk dan ayunkan-ayunkan kaki.
  • Lakukan perengangan agar anggota tubuh bangun.
  • Berdiri.
  • Senyum akan memberikan energi postif untuk memulai hari Anda.
  • Jika tubuh masih terasa berat, pergi ke balkon/depan/belakang rumah dan tarik napas dalam agar paru-paru terisi dengan udara pagi yang segar.
  1. Minta bantuan keluarga

Jika cara-cara di atas tidak juga bisa membuat Anda bangun pagi, minta bantuan kepada keluarga untuk membangunkan Anda. Dengan mempraktikkan cara mudah bangun pagi di atas, Anda bisa mulai hidup yang lebih sehat di tahun 2017 ini. Tahun baru, tubuh baru!