Bagi para pria, pasti pernah merasakan gatal, terbakar, hingga kering pada kulit wajah setelah mencukur kumis atau jenggot. Jangan dibiarkan ya, Gengs. Karena akan menyebabkan iritasi yang dapat merusak kulit.

Baca juga: Ini Cara Merawat Kesehatan Kulit Wajah Bagi Pria
 

Nah, untuk mengatasi rasa nyeri dan tak nyaman setelah bercukur, Kamu diharuskan menggunakan aftershave. Namun sayangnya, masih banyak pria-pria yang masih mengabaikan fungsi cairan yang satu ini. Padahal ia memiliki manfaat yang penting bagi perawatan kulit wajah.

 

Apa itu aftershave?

Menurut seorang ahli kulit, Dr. S. Manjula Jegasothy yang juga pendiri Miami Skin Institute, aftershave adalah sebuah cairan atau gel yang dirancang untuk digunakan pria setelah bercukur yang bermanfaat untuk mengatasi kulit yang lecet. Cairan ini juga telah teruji untuk mencegah infeksi yang tidak diinginkan akibat luka lecet yang tidak disengaja muncul setelah bercukur. Aftershave tersedia dalam bentuk gel, losion , balsam, cair, atau bubuk.

 

Kenapa penting menggunakan aftershave?

Aftershave dapat menjaga kelembapan dan membantu kulit untuk menjaga masuknya unsur-unsur yang tidak diinginkan. Ketika kulit tidak dalam kondisi puncak, maka dapat memperburuk kualitas kulit hingga mempercepat proses penuaan. Untuk mencegah hal ini, Kamu perlu mempersiapkan kulit sebelum bercukur dan merawatnya setelah Kamu mencukurnya.

 

Jika Kamu tidak menggunakannya, maka kulit akan terasa tertarik, merah, dan terbakar yang dapat menyebabkan iritasi. Kondisi kulit yang iritasi secara berkelanjutan terbukti menjadi penyebab utama penuaan kulit, termasuk warna kulit yang tidak merata dan kulit yang kendur.

Baca juga: Yang Pria Harus Lakukan Agar Tampak Awet Muda

 

 

Membuat aftershave alami

Aftershave mengandung alkohol dengan jumlah yang sangat sedikit dan juga mengandung sedikit rempah-rempah. Walaupun banyak produk afstershave yang dijual di pasaran, sebenarnya Kamu dapat membuat aftershave sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Dilansir dari Boldsky, berikut bahan alami yang bisa Kamu gunakan sebagai aftershave yang aman.

1. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah salah satu aftershave yang paling umum bisa Kamu buat, karena bahan ini sangat efektif dan ramah terhadap kulit. Gel atau ekstrak yang terbuat dari aloe vera memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang mampu melindungi kulit dari luka cukur, iritasi kulit, dan infeksi.



2. Tea tree oil atau minyak pohon teh

Aftershave dari bahan minyak pohon teh dapat menyembuhkan luka pisau cukur, dan dapat menenangkan luka ringan akibat silet cukur. Kamu dapat mencampur minyak pohon teh dengan minyak lavender untuk menyiapkan aftershave buatan Kamu sendiri.

Baca juga: Kesalahan Perawatan yang Sering Dilakukan Pria


3. Kulit jeruk

Campurlah sedikit kulit jeruk dengan rum, cengkeh, kayu manis, dan sedikit vodka. Simpan di tempat gelap dan dingin selama dua minggu (jangan disentuh). Alkohol mampu mengekstrak minyak esensial dari rempah-rempah. Saring semua campuran tersebut sebanyak tiga sampai empat kali sampai larutan disaring dengan jelas. Simpan dalam botol dan digunakan setelah bercukur.

4. Kenari dan minyak zaitun

Kenari dan minyak zaitun sangat baik untuk kulit dan menjadikan kulit alami juga. Campur kenari dengan air suling dan beberapa tetes minyak zaitun. Tambahkan beberapa bahan herbal seperti bunga lavender, rosemary, dan kulit lemon atau jeruk.

 

Sekali lagi, biasakan menggunakan aftershave setelah Kamu bercukur untuk mendapatkan kulit lembut dan halus. Ketika Kamu selesai bercukur, hindari membilas wajah dengan air panas atau air hangat. Dan juga jangan menggosokkan handuk pada kulit setelah bercukur. (WK)