Saat ini, banyak wanita lebih memilih menggunakan sheet mask daripada masker cair yang diaplikasikan dengan kuas. Pasalnya, sheet mask lebih praktis karena dapat langsung ditempelkan pada wajah. Selain itu, kandungan pada sheet mask mudah terserap oleh kulit dan memberikan sensasi dingin. Nah, sheet mask ternyata memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan kandungan di dalamnya. Berikut manfaat dari sheet mask. Check this out!

Baca juga: Jangan Aplikasikan 6 Masker Alami Ini ke Wajahmu!

 

 

Manfaat Sheet Mask untuk Wajah

Dikutip dari hipwee.com, berikut manfaat yang bisa Kamu rasakan dari menggunakan sheet mask:

 

  • Hydrating

Bagi Kamu pemilik tipe kulit kering, bisa mencoba sheet mask dengan kandungan manfaat hydrating. Pasalnya, sheet mask jenis ini mampu meningkatkan kadar air pada permukaan dan bagian dalam kulit Kamu, lho! Biasanya, sheet mask ini mengandung aloe vera. Kamu bisa menggunakan sheet mask sebelum mengaplikasikan make up, agar wajah terasa lebih lembap.

 

  • Moisturizing

Sheet mask jenis ini memiliki fungsi untuk mengunci dan mempertahankan kelembapan kulit. Ini juga cocok untuk Kamu yang memiliki tipe kulit wajah kering. Kamu bisa mengaplikasin sheet mask hydrating terlebih dahulu, sebelum menggunakan sheet mask moisturizing.

Baca juga: Cek Masker yang Tepat bagi Jenis Kulit Wajah Kamu, yuk!

 

  • Nourishing

Sheet mask jenis nourishing akan membuat wajah Kamu lebih lembap dibandingkan dengan menggunakan sheet mask moisturizing. Pasalnya, tingkat minyak alami dan nutrisi pada wajah akan bertambah. Sheet mask jenis ini cocok untuk Kamu yang mulai mengalami penurunan kadar minyak alami di wajah. Namun bagi Kamu yang memiliki tipe wajah berminyak, sebaiknya menghindari sheet mask jenis ini, ya.

 

  • Revitalizing

Sheet mask jenis ini cocok buat Kamu yang sedang lelah dan berwajah kusam. Sheet mask revitalizing mampu menyejukkan dan mencerahkan wajah secara optimal. Biasanya, harga jenis sheet mask ini lebih mahal.

 

  • Brightening

Selain bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, jenis sheet mask ini mampu menghilangkan noda hitam lho, Gengs! Sheet mask ini bisa digunakan oleh semua tipe kulit.

 

  • Purifying

Jenis sheet mask ini memiliki fungsi mengangkat kotoran dari wajah dan cocok digunakan setelah melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama. Walaupun hasilnya tidak sekuat masker biasa, sheet mask ini tetap membantu untuk membersihkan kotoran yang menempel di pori-pori wajah.

 

  • Firming

Jenis sheet mask ini bisa membuat wajah Kamu terasa kencang. Namun, jangan menggunakan sheet mask firming terlalu lama. Pasalnya, serum yang sudah menempel di wajah bisa terserap kembali ke dalam sheet mask.

 

Cara Pakai Sheet Mask yang Benar

Pemakaian sheet mask yang kurang tepat bisa menghilangkan manfaat yang dijanjikan. Dikutip dari laman beautynesia.id, berikut cara yang benar memakai sheet mask, agar Kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal!

 

  • Kulit yang bersih

Membersihkan wajah dengan teknik double cleansing merupakan langkah sebelum menggunakan sheet mask. Pasalnya, jika masih ada sisa skincare akan menghambat penyerapan essence dari sheet mask tersebut.

 

  • Sebelumnya gunakan produk yang lain

Setelah membersihkan wajah, Kamu jangan langsung menempelkan sheet mask, ya. Kamu bisa melanjutkan dengan eksfoliasi (mengangkat sel kulit mati), toner, dan serum. Ketiga produk tersebut bisa membuat sheet mask bekerja sempurna di wajah Kamu.

Baca juga: Ini Pentingnya Eksfoliasi bagi Kulit

 

  • Sheet mask bisa digunakan kapan pun

Sheet mask ternyata bisa digunakan kapan pun, bahkan di pagi hari sebelum menggunakan make up. Pasalnya, kelembapan dari sheet mask bisa membantu make up Kamu lebih flawless.

 

  • Ada batasan waktu

Jangan memakai sheet mask terlalu lama ya, Gengs. Pasalnya, sheet mask yang terlalu kering tidak akan memberikan kelembapan pada kulit. Gunakan sheet mask selama 30 menit, setelah itu lepaskan. Kemudian, Kamu bisa melanjutkan dengan pemakaian skincare.

 

  • Jangan dibilas

Jika Kamu membilas wajah setelah memakai sheet mask, maka manfaat serum dalam sheet mask akan luruh oleh air.

 

  • Jangan lupa gunakan pelembap

Tambahan pelembap tetap perlu sebagai langkah terakhir.

 

Jadi mulai sekarang beli sheet mask sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya, Gengs! (AP/AS)

 

Vitamin yang Membuat Awet Muda - guesehat.com