Produk anti-aging atau bahan pencegah penuaan bisa adalah produk yang bisa membantu memperlambat dampak negatif penuaan, tidak hanya pada kulit, tapi juga penampilan secara keseluruhan. Bahkan, dalam beberapa kasus, ada beberapa bahan anti aging bisa meremajakan kulit.

Tapi, bahan anti aging mana sih yang oleh ahli dinilai paling ampuh untuk mengatasi penuaan kulit? Berikut penjelasan lengkapnya, dikutip dari portal WebMD!

 

Baca juga: Ingin Kulit Awet Muda secara Alami? Bisa Banget!

 

1. SPF dengan zinc

Menurut ahli, cara terbaik dan terampuh untuk memperlambat penuaan adalah dengan mengaplikasikan SPF atau tabir surya setiap hari, meskipun Kamu tidak beraktivitas di luar rumah. Para ahli merekomendasikan agar memilih tabir surya yang mengandung zinc. Pasalnya, zinc tidak menimbulkan iritasi dan memiliki proteksi spektrum sinar ultraviolet A yang paling luas. Sinar ultraviolet A atau UVA menyerap lebih dalam ke kulit dan menyebabkan kerusakan DNA. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, mulai dari sebatas kerutan hingga kanker.

 

2. Retinoid

Menurut ahli, retinoid adalah bahan anti-aging yang paling banyak diteliti dan paling terbukti kualitasnya. Penelitian menunjukkan, retinoid bisa meningkatkan kadar kolagen, jenis protein yang membantu menjaga kekencangan kulit. Bahan anti-aging tersebut juga meredakan dan mencegah kerutan pada kulit. Untuk lebih spesifiknya, ahli paling menganjurkan menggunakan retinoid dalam bentuk tretinoin dan adapelene.

 

3. Serum Vitamin C

Ahli menganjurkan untuk mengaplikasikan vitamin C sebelum menggunakan tabir surya. Hal tersebut dianjurkan untuk melindungi kulit dari sedikit sinar matahari yang masuk di sela-sela tabir surya. Tapi, pastikan Kamu memilih produk serum vitamin C yang efektif. Ahli menganjurkan memilih produk yang mengandung 15% serum vitamin C.

 

4. Asam Lemak Omega

Omega, terutama omega 9s, membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk tetap lembab dan melindunginya dari bahan-bahan luar yang dapat menimbulkan iritasi. Ahli merekomendasiklan minyak argan sebagai moisturizer asam lemak omega karena tidak menyebabkan jerawat. Minyak argan juga terbukti sebagai bahan antioksidan yang baik.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Merawat Kulit di Iklim Tropis

 

 

5. Minyak Kelapa untuk Perawatan Bulu Mata

Bulu mata dan alis kita umumnya akan menipis dan memudar seiring dengan bertambahnya umur. Hal tersebut membuat mata terlihat lebih kecil dan lelah. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengoleskan minyak kelapa di bulu mata dan alis di malam hari sebelum tidur.

 

6. Niacinamide

Ahli juga sangat merekomendasikan niacinamide sebagai bahan anti-aging. Salah satu jenis vitamin B3 ini dapat meningkatkan hidrasi kulit, memperkuat pembatas kulit, dan memiliki efek mencerahkan kulit. Niacinamide dapat membantu memudarkan pigmen yang tidak rata, seperti bekas kulit berjerawat ataupun yang terbakar matahari.

 

7. Suplemen Antioksidan

Tidak semua pengobatan kulit dan anti-aging berupa obat luar. Ahli juga merekomendasikan menambah antioksidan ke dalam diet sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi antioksidan, baik yang alami ataupun dalam bentuk suplemen, meningkatkan kualitas penampilan kulit dari luar.

 

8. Asam Hialuronat

Untuk mencegah dan mengatasi lipatan kulit, ahli merekomendasikan supaya menggunakan asam hialuronat. Biasanya, asam hialuronat digunakan dalam bentuk perawatan filler. Namun, kalau Kamu tidak ingin melakukan perawatan filler, produk perawatan kulit yang mengandung sakarida bisa membantu meningkatkan kekencangan kulit.

 

9. Asam Alfa Hidroksi (AHA)

Asam alfa hidroksi atau yang  biasa disebut AHA adalah sejenis asam yang lembut ini mengeksfoliasi kulit kasar dan kusam untuk menimbulkan kulit yang lebih halus. Ahli merekomendasikan AHA karena bisa mengatasi pigmentasi yang tidak rata dan meredakan garis halus di kulit. Selain itu, AHA juga meningkatkan kekencangan kulit.

 

Baca juga: 9 Manfaat Cocoa Butter untuk Kulit Kamu

 

Melalui informasi di atas, Geng Sehat jadi tahu mana produk atau bahan anti-aging yang paling disukai dan direkomendasikan oleh ahli. Semoga saja informasi ini bisa membantu memudahkan Kamu dalam memilih produk mana yang terbaik sesuai dengan kondisi kulit sendiri. (UH/WK)