Kulit Kamu akan menceritakan perjalanan hidup Kamu. Mulai dari timbul jerawat pada masa pubertas, menjadi glowing saat memasuki masa kehamilan, hingga munculnya keriput-keriput kecil ketika memasuki usia 30 tahun ke atas.

Meski secara natural kulit akan menua sesuai usia, tetapi ada makanan dan minuman yang membantu kulit Kamu tetap lembap, menghaluskan gurat keriput, bahkan menurunkan risiko terkena kanker kulit. Dilansir melalui WebMD, berikut makanan dan minuman yang mampu menjaga kulit Kamu tetap awet muda!

 

1. Air Putih yang Mujarab

Rajin minum air putih merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk kulit Kamu. Selain membuat kulit lebih lembap, segala kerutan dan garis-garis wajah akan tersamarkan. Air putih juga membantu sel-sel di dalam tubuh mendapatkan nutrisi, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta membantu peredaran darah sehingga kulit terlihat glowing terus. Saran yang sering diberikan oleh para ahli adalah meminum 8 gelas sehari. Kandungan air di dalam buah, sayur, jus, dan susu termasuk di dalamnya.

 

2. Selenium Tangkis Penuaan Kulit

Selenium dapat memproteksi kulit Kamu dari sel-sel radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti keriput, kulit kering, jaringan rusak, dan masalah-masalah lainnya. Mineral ini juga dapat membantu pencegahan kanker kulit. Kamu bisa mendapatkan selenium di dalam udang, daging domba, tuna, salmon, sarden, kepiting, daging sapi, dan tiram.

 

3. Antioksidan untuk Sel Sehat

Antioksidan amat penting untuk memperlambat dan mencegah kerusakan dari radikal bebas. Kamu bisa menemukannya dalam setiap jenis makanan, terutama pada buah dan sayur yang berwarna-warni, seperti kelompok beri, tomat, aprikot, bit, bayam, ubi jalar, jeruk keprok, paprika, dan kacang-kacangan.

 

4. Lawan Radikal Bebas dengan CoQ10

Tubuh Kamu membentuk antioksidan yang dikenal dengan nama Coenzyme Q10 (CoQ10). Namun semakin bertambahnya usia, produksinya akan semakin berkurang. Padahal, CoQ10 berguna membuat energi dan menolong sel-sel dalam tubuh bekerja. Kandungan CoQ10 dapat ditemukan di dalam salmon, tuna, daging unggas, hati, maupun biji-bijian. Apabila Kamu menggunakan skin care yang mengandung CoQ10, kerutan halus dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya akan berkurang.

 

5. Vitamin A untuk Memperbaiki Kulit yang Rusak

Tidak ada wanita yang menginginkan kondisi kulitnya kering dan terkelupas. Dan, untuk mengatasi masalah ini Kamu hanya perlu mengonsumsi vitamin A! Ya, dengan mengonsumsi makanan atau menggunakan skin care yang mengandung vitamin A, kerutan dan spot-spot hitam di kulit Kamu akan memudar. Kamu bisa mengonsumsi jeruk, wortel, sayuran berwarna hijau, telur, dan produk olahan susu sapi yang rendah lemak.

 

6. Vitamin C Tangkal Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu banyak dapat berdampak buruk bagi kulit Kamu. Tapi tenang, ada si vitamin C yang akan melawannya! Vitamin C juga bisa membantu mengenyalkan kulit Kamu, lho. Jangan lupa masukkan paprika merah, jeruk, pepaya, kiwi, dan brokoli yang kaya akan vitamin C ke dalam menu harian Kamu ya, Gengs.

 

7. Vitamin E untuk Kulit yang Lebih Sehat

Antioksidan lain yang dapat menyelamatkan kulit Kamu dari paparan sinar matahari dan peradangan adalah vitamin E. Dapatkan asupan vitamin yang satu ini dari minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, buah zaitun, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

 

8. Konsumsi Lemak Sehat

Omega 3 dan Omega 6 merupakan lemak baik yang dapat membantu Kulit tetap lembap dan menghilangkan noda di kulit. Asam lemak ini juga membuat kulit Kamu lebih lembut dan terlihat lebih muda! Kamu bisa menemukan keduanya di minyak zaitun, minyak canola, kenari, serta ikan salmon, sardin, dan makarel.

 

9. Kekuatan Si Green Tea

Green tea atau teh hijau adalah ramuan ajaib yang manjur untuk menghentikan peradangan kulit, memperlambat kerusakan DNA, dan mencegah kulit terbakar dari paparan sinar matahari. Sekarang ini banyak perusahaan yang menambahkan ekstrak teh hijau di dalam produk kosmetik mereka. Namun, mengapa tidak langsung mengonsumsinya secara rutin?