Penyakit

Arthritis Rheumatoid

Rheumatoid arthritis merupakan peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan sakit, bengkak, dan kaku pada persendian, contohnya di kaki dan tangan. Kondisi ini bisa berdampak pada jaringan di sekitar persendian, seperti otot, ligamen, dan tendon. Seiring waktu, peradangan ini bisa menghancurkan jaringan persendian. Efek dari kondisi ini akan membatasi aktivitas keseharian, seperti sulit untuk berjalan dan menggunakan tangan.

Walau bagian tubuh yang paling sering terkena dampak rheumatoid arthritis adalah kaki dan tangan, penyakit ini juga bisa menjangkiti bagian tubuh lainnya, seperti mata, paru-paru, pembuluh darah, dan kulit. Rheumatoid arthritis terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh Anda sendiri. Penyakit ini lebih sering diderita oleh wanita, terutama di atas 40 tahun.

 

Pertolongan pertama dilakukan sesuai dengan gejala yang dirasakan (simtomatis).

Gejala rheumatoid arthritis biasanya berbeda pada masing-masing orang dan bisa berubah seiring waktu. Namun, gejala yang sering timbul pada persendian adalah rasa kaku, kemerahan, bengkak, terasa hangat, dan nyeri.

Autoimun atau gangguan sistem kekebalan tubuh merupakan penyebab rheumatoid arthritis. Sistem imun yang seharusnya melawan infeksi, justru menyerang sel normal pada persendian. Meskipun belum diketahui alasan penyimpangan kerja sistem imun ini, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko, seperti faktor usia, hormon, genetika, dan kebiasaan merokok.

Pemeriksaan fisik, tes darah, dan pemindaian X-ray.

Hingga saat ini, masih belum ada obat yang dapat menyembuhkan rheumatoid arthritis secara total. Namun dengan perawatan yang tepat, penyebaran dan peradangan dapat dihambat. Pasien yang menderita rheumatoid arthritis biasanya akan rutin menjalani terapi serta pengobatan jangka panjang untuk menghambat perkembangan dan gejala penyakit ini. Jika perawatan dengan terapi dan pengobatan sudah tidak efektif, maka operasi untuk memperbaiki masalah persendian dapat dilakukan.

Rekomendasi Artikel

Waspada, Radang Sendi Dapat Menghambat Aktivitas Sehari-hari!

Waspada, Radang Sendi Dapat Menghambat Aktivitas Sehari-hari!

Radang sendi merupakan kondisi yang menimbulkan rasa nyeri pada satu atau beberapa sendi. Biasanya disebabkan usia, obesitas, dan riwayat kesehatan.

Direktori

    Proses...