Musim mudik dan liburan sekolah sudah tiba, nih! Meskipun menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, banyak wanita yang mengkhawatirkan kelancaran perjalanannya bersama anak, terutama para ibu baru. Apa Mums salah satunya?

Melakukan perjalanan jauh bersama anak memang tidak mudah. Tapi, persiapan yang cukup bisa mengurangi kekhawatiran Mums kok. Persiapan apa saja sih yang perlu Mums lakukan? Berikut penjelasannya, seperti yang dilansir oleh portal WebMD!

 

Baca juga: Mums, Persiapkan MPASI Si Kecil Selama Mudik!

 

Barang Penting yang Perlu Dibawa di Perjalanan

Biasanya, hal-hal yang dibutuhkan anak adalah tisu basah, termometer, plester, dan obat-obatan yang biasa dikonsumsi si Kecil. Kalau Mums khawatir anak akan mabuk perjalanan, sebaiknya minta obat ke dokter untuk antisipasi.

Jangan lupa juga membawa vitamin. Menjaga kekebalan tubuh si Kecil selama perjalanan liburan sangat penting. Untuk lebih spesifiknya, ahli merekomendasikan:

  • Membawa banyak vitamin C untuk Mums dan si Kecil. Akan lebih baik jika vitamin C dikonsumsi sejak beberapa hari sebelum berangkat mudik. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dosis tinggi menurunkan risiko dan tingkat keparahan demam serta flu. Selain itu, pada umumnya vitamin C untuk anak juga mengandung nutrisi yang membantu keseimbangan moodnya.

  • Jangan menaruh obat di tempat terbuka. Kalau anak Mums masih berusia di bawah 3 tahun, pastikan semua obatnya disimpan sesuai dengan prosedurnya.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi selama perjalanan adalah dehidrasi. Pastikan anak selalu terhidrasi. Oleh sebab itu, bawalah air putih yang cukup. Selain itu, kebanyakan dokter juga merekomendasikan supaya orangtua membawa camilan sehat untuk anak selama perjalanan. Contoh camilan ringan sehat untuk anak adalah biskuit gandum, kacang-kacangan, keju serabut (string cheese), telur rebus, dan wortel.

Selain itu, bawa juga perlengkapan anak yang dibutuhkan, seperti popok, handuk, dan pakaian. Karena anak-anak pada umumnya aktif, seringkali pakaiannya cepat terkena noda. Apalagi, selama pulang kampung dan liburan, Mums hanya membawa persediaan pakaian yang terbatas.

Untuk mengatasi hal itu, Mums perlu membawa deterjen khusus untuk anak. Sebagai rekomendasi, gunakan Sleek Baby Laundry Travel Wash untuk membersihkan noda di pakaian si Kecil. Detergent ini tidak mengandung alkohol, menggunakan bahan-bahan alami yang ampuh menghilangkan noda dan tidak menyebabkan iritasi, jadi aman untuk Mums dan si Kecil. Apalagi, deterjen ini berbentuk tube dengan ukuran 100 ml, sehingga mudah dibawa dan sangat praktis untuk digunakan.

Sleek Baby Travel Wash

 

 
Baca juga: Pilih-pilih Moda Transportasi untuk Mudik Lebaran Bersama Si Kecil

 

Tips Bepergian Menggunakan Pesawat dengan Anak

  • Samakan jadwal penerbangan dengan jam tidur si Kecil, agar ia tidak rewel selama perjalanan.
  • Tanyakan jika maskapai penerbangan menyediakan makanan khusus untuk anak. Jika tidak, persiapkan makanan dan camilan untuk si Kecil.
  • Saat menunggu waktu penerbangan, jangan memaksa anak untuk duduk dan menahannya untuk bergerak atau bermain, kecuali jika ruang tunggunya sangat padat. Cobalah ajak si Kecil melihat-lihat pesawat lewat kaca, atau ajak ia bermain sejenak.
  • Bawa anak ke kamar mandi sebelum masuk ke pesawat
  • Jika dalam perjalanan si Kecil mulai rewel, kemungkinan telinganya sedang menyesuaikan diri dengan ketinggian. Ini adalah waktu tepat bagi Mums untuk menyusuinya atau memberikannya susu formula.

 

Tips Bepergian Menggunakan Transportasi Darat dengan Anak

  • Sebelum pergi, biarkan anak bermain dan berlari-lari sejenak untuk membakar energinya. Waktu yang paling tepat untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, bus, atau kereta adalah di waktu tidur si Kecil.
  • Susun barang-barang anak di bagian atas tas atau di tempat lain yang mudah dijangkau, sehingga jika dibutuhkan, Mums bisa langsung mengambilnya. Pastikan juga Mums membawa beberapa mainannya.
  • Dudukkan anak di tempat duduk khusus anak (car seat), bawa juga bantal yang nyaman dan selimut.
  • Bawa plastik atau mangkuk untuk antisipasi jika si Kecil mabuk perjalanan dan muntah. Kalau bisa, bawa juga potty toilet.
  • Izinkan si Kecil untuk menonton film kartun favoritnya di gadget. Mums bisa melakukan hal ini jika si Kecil sudah mulai rewel dan bosan dengan mainannya.

 

Baca juga: 6 Cara Tepat agar Mudik Tetap Hemat

 

Bepergian bersama si Kecil memang tidak mudah, tapi itu bukan menjadi alasan Mums tidak bisa menikmatinya. Jika persiapannya matang, mudik bersama si Kecil pasti akan berjalan lancar dan menyenangkan. Untuk persiapannya, Mums bisa mengikuti tips di atas! (UH/OCH)