Selamat hari wanita sedunia! Setiap tanggal 8 maret, hampir seluruh dunia memeringati hari besar ini. Awalnya, hari wanita sedunia ini digalakkan untuk memeringati keberhasilan wanita atas jasa dan usahanya di bidang ekonomi, politk, dan sosial. Namun, apakah Anda sudah tahu siapa saja wanita yang berjasa di bidang kesehatan? Berikut 5 tokoh wanita pelopor kesehatan di dunia pilhan GueSehat:

 

  1. Elizabeth Blackwell

Tokoh ini merupakan dokter wanita pertama yang namanya tercatat dalam sejarah. Elizabeth Blackwell merupakan wanita pertama yang berhasil lulus di bidang kesehatan pada 1849 di Amerika Serikat. Selain itu, ia juga menjadi wanita yang pertama kali mendaftar di Medical Register, Britania Raya.

Dalam riwayat hidupnya, Blackwell banyak terlibat dalam memberikan pendidikan kedokteran pada banyak wanita. Ia juga sering menggalakkan ke masyarakat luas, terlebih kepada kaum wanita mengenai pentingnya kesehatan tubuh.

 

  1.  Virginia Apgar

Wanita yang lahir pada 7 Juni 1909 ini tercatat juga sebagai dokter wanita di Amerika Serikat. Meski bukan yang pertama, Virgina Apgar merupakan ahli di bidang anastesi, teratologi, dan pendiri bidang neonatalogi. Banyak masyarakat pada saat itu yang mengenalnya sebagai penemu metode penentuan kesehatan bayi yang baru lahir, yang kemudian disebut sebagai Skor Apgar. Hasil dari penemuan ini sangat berguna untuk mengurangi jumlah kematian bayi di seluruh dunia.

 

  1. Jewel Plummer Cobb

Hobinya membaca yang diturunkan dari ayahnya, membuat Jewel Plummer Cobb menjadi seorang ilmuan yang terkenal. Plummer sudah mulai mengabdikan diri sebagai peneliti sel kanker dan ahli biologi sejak usia muda. Ia pun telah berhasil mengembangkan temuan medis yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit kanker kulit.

 

  1. Florence Nightingale

 

Nightingale lahir di Italia, 12 Mei 1820. Wanita ini dikenal sebagai The Lady with the Lamp atas jasanya yang tanpa takut mengumpulkan korban perang di Krimea, Rusia. Florence Nightngale juga dikenal sebagai pelopor perawat modern, penulis, serta ahli statistik. Banyak gerakan yang dilakukannya, seperti menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit, menegakkan penyusunan laporan yang mendetil mengenai pasien dengan menggunakan statistik, dan membawa keperawatan di pemerintahan Inggris menjadi lebih baik.

  1. Damayanti Rusli Sjarif

Dari namanya, Anda tentu tidak asing dibanding dengan empat nama yang sudah disebutkan di atas. Ya, Damayanti Rusli merupakan warga Indonesia yang berjasa di bidang kesehatan. Wanita kelahiran Padang ini terkenal sebagai pakar penyakit, nutrisi, dan metabolik anak di Indonesia. Damayanti kini berprofesi sebagai dokter spesialis anak pada bidang nutrisi dan penyakit metabolik untuk departemen ilmu penyakit anak FKUI/ RSCM, Jakarta.

Meskipun mereka telah menjadi pelopor kesehatan di dunia, bukan berarti Anda tinggal diam saja dan cukup menikmati kerja keras mereka. Sebagai masyarakat, terlebih sebagai wanita, Anda justru harus bisa memberikan usaha yang lebih baik untuk kehidupan kelak di berbagai bidang. Yuk, tunjukkan diri Anda yang lebih baik!