Pernikahan antara salah satu pewaris Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dengan Meghan Markle beberapa waktu lalu menyita banyak perhatian publik. Selain karena kisah cinta keduanya yang kontroversial, penampilan Meghan Markle di hari pernikahan sangat memukau dan menjadi perbincangan banyak orang. Alih-alih menggunakan make up tebal layaknya mempelai wanita pada umumnya, Meghan justru mengenakan make up yang sangat sederhana sehingga tampak tidak menggunakan make up sama sekali. Eits, meski tampak seperti tidak mengenakan make up, namun Meghan tetap terlihat sangat cantik di hari pernikahannya!

 

Enggak heran nih Gengs, jika sejak saat itu banyak orang yang mulai mengakui the power of “no make up” make up look ini. Dandanan Meghan tampaknya membawa trend baru di dunia kecantikan, bahwa make up cantik tidak harus selalu tebal. Nah, buat Kamu yang ingin mencoba tampilan make up wajah baru dengan tema “no make up” ini, GueSehat punya tipsnya melalui 5 langkah mudah, seperti dikutip dari WebMD. Simak baik-baik ya, Gengs!

Baca juga: Ketahui Masa Expired Make Up Kamu

 

1. Pastikan wajah dalam kondisi yang baik

Riasan yang sempurna selalu berawal dari kulit wajah yang sehat dan segar. Hal ini karena kulit wajah yang segar akan membuat kulit wajah Kamu tampak bercahaya secara alami. Nah, untuk membuat kulit terlihat segar, Kamu bisa terlebih dulu membersihkan wajah dengan sempurna, kemudian menggunakan serum serta krim pelembap wajah. Seorang makeup artist di Pittsburgh, Patty Bell, juga menyarankan agar para wanita rajin minum air putih untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi dan kekeringan.

 

2. Hindari foundation

Foundation memang menjadi langkah awal dalam hal tata rias wajah. Namun, lewati tahap ini jika Kamu ingin menerapkan “no make up” make up look. Sebagai gantinya, Kamu bisa menggunakan pelembab lain atau BB krim yang memiliki warna serupa dengan warna kulitmu.

Mary Schook, seorang ahli estetika dan penata rias asal New York juga menyarankan untuk menggunakan jari tangan pada setiap pengaplikasian krim wajah. “Mengaplikasikan dengan jari tangan akan membuat tampilan terlihat lebih alami. Setelah itu, Kamu bisa melapisinya lagi dengan bedak tabur yang berwarna transparan di tempat-tempat tertentu, seperti dagu, dahi, dan hidung,” ujar Schook. Jika BB krim tidak cukup menutupi beberapa area gelap atau merah, Kamu bisa menggunakan concealer di sekitar hidung, bawah mata, atau dagu.

 

3. Gunakan blush on yang senada dengan warna kulit.

Untuk tampilan natural, gunakan blush on yang tidak terlalu mencolok atau senada dengan warna kulit asli. Salah satu langkah mudah untuk menentukan warna blush on yang cocok adalah dengan melihat warna asli dari bibirmu.

Cara yang bisa Kamu pilih untuk menentukan warna blush on adalah dengan melihat warna kulitmu. Apabila Kamu memiliki warna kulit yang terang atau netral, Kamu bisa menggunakan blush on warna pink. Lalu, jika kulit wajahmu berwarna kuning langsat, Kamu bisa menggunakan blush on berwarna peach. Sedangkan, jika kulitmu berwarna sawo matang atau bahkan lebih gelap lagi, maka blush on berwarna merah agak cokelat bisa menjadi pilihan tepat. Hindari blush on dengn tipe shimmering atau berkilau karena ini akan membuat riasanmu tidak terlihat alami.

 

4. Gunakan riasan mata secukupnya

Jika menginginkan tampilan yang natural, maka inilah saatnya untuk mengistirahatkan maskaramu. Kalaupun Kamu ingin tetap menggunakan maskara, Kamu bisa menggunakannya cukup dengan 1 ulasan saja. Ulasan maskara yang terlalu tebal hanya akan membuat bulu matamu terlihat tidak natural. Selanjutnya, untuk penggunaan eye shadow, Kamu bisa memilih eye shadow dengan warna yang juga senada dengan warna kulitmu. Hindari penggunaan eye shadow dengan warna yang terlalu gelap atau terlalu terang, atau bahkan berkilau.

 

5. Sapukan lip gloss atau lipstik yang tidak mencolok

Terakhir, untuk membuat tampilan naturalmu terlihat semakin maksimal, sapukan lip gloss pada bibirmu. Lip gloss dengan warna yang tidak terlalu mencolok akan membuat bibirmu terlihat lembap dan segar. Kamu juga bisa menggunakan lipstik berwarna matte, namun dengan warna yang 1 tingkat lebih terang dari warna alami bibirmu agar terlihat tetap natural.

 

Nah, itulah 5 langkah mudah untuk mendapatkan tampilan “no make up” make up look seperti Meghan Markle. Ayo, apakah sekarang Kamu juga berniat untuk mengaplikasikannya? Selamat mencoba! (BAG/AY)

Baca juga: Alasan Perawatan Kulit Tidak Kalah Penting dengan Make Up