Salah satu tren di media sosial yang sedang digemari oleh wanita saat ini yaitu kecantikan. Tren ini ditandai dari munculnya banyak influencer di bidang kecantikan dengan keahlian berdandan dan mengunggah video tutorial make up melalui berbagai media online.

 

Berbagai teknik dan pulasan make up dapat menonjolkan penampilan seseorang, karena itu wajar apabila banyak wanita berlomba-lomba menguasai kemampuan memulas wajah dengan berbagai jenis kosmetik yang ada. Tetapi sebaiknya, Kamu juga memperhatikan perawatan kulit, karena bagaimanapun, perawatan kulit merupakan investasi jangka panjang. Mau tahu kenapa?

 

Pertama, produk perawatan kulit atau skin care menjaga kesehatan kulit dengan cara melembapkan serta melindungi kulit dari berbagai paparan di lingkungan. Sebagai lapisan terluar, kulit akan rentan terkena iritasi dari berbagai hal seperti debu, kotoran, dan radiasi sinar UV. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kulit, baik tubuh maupun wajah.

 

Beberapa skin care yang berfungsi untuk melembapkan dan melindungi, yaitu pelembap (moisturizer) dan krim tabir surya (sunscreen). Selain itu, tahukah kalian bahwa penggunaan krim tabir surya secara rutin dapat memberikan efek jangka panjang, yaitu dengan memperlambat penuaan kulit dan mencegah terbentuknya keriput? Krim tabir surya melindungi kulit dari penyebab utama penuaan dini, yaitu radiasi UV dari sinar matahari.

 

Kedua, perawatan kulit dapat membantu menjaga kebersihan kulit dari minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Berbagai kombinasi hal diatas jika tidak dibersihkan, akan menyumbat pori pori dan menyebabkan komedo atau jerawat ketika terkontaminasi dengan bakteri. Sabun cuci wajah (facewash) serta exfoliant dapat membantu membersihkan wajah serta mengangkat sel kulit mati untuk mencegah timbulnya jerawat.

 

Perawatan kulit memang tidak memberikan hasil instan seperti make up. Tetapi walaupun demikian, skin care perlu menjadi prioritas utama karena dapat memberikan manfaat yang lebih. Produk perawatan kulit yang tepat juga dapat memaksimalkan hasil make up, karena kulit akan terlihat lebih sehat dan cantik secara alami. 

 

Faktor lain yang dapat mengurangi kecantikan kulit adalah pola makan yang buruk. Karena itu, selain melakukan perawatan kulit rutin, Kamu juga harus menunjang kesehatan dari dalam tubuh. Maksudnya adalah dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah yang mengandung antioksidan dan vitamin C untuk melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih glowy.

 

Perlu diingat pula kebutuhan perawatan kulit setiap orang berbeda. Pemilik jenis kulit berminyak tentunya membutuhkan produk dengan jenis yang berbeda dengan pemilik kulit kering. Sebelum memilih dan menggunakan produk perawatan kulit, kenali dulu dan pahami kebutuhan kulitmu agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ya!