Sebagian besar orang, baik laki-laki maupun perempuan, ingin memiliki perut yang rata. Perut yang rata dan berotot, tentu akan menunjang penampilan menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan perut yang rata, sebenarnya tidak sulit. Dibutuhkan kombinasi yang tepat antara asupan makanan sehat dan latihan pembentukan otot inti.

Perhatikan postur tubuh.

Postur tubuh yang sedikit membungkuk dapat membuat perut terlihat lebih besar. Postur yang baik adalah saat sedang berdiri, pastikan telinga, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki berada dalam satu garis sejajar dengan bagian bahu terbuka. Tarik bagian pusar ke dalam dan tumpukan berat badan pada tumit. Olahraga untuk mendapatkan perut yang rata tidak dilakukan hanya dengan melatih bagian perut saja. Banyak orang berpendapat untuk mendapatkan perut yang rata diperlukan latihan sit-up dalam jumlah yang banyak. Ini adalah pendapat yang kurang tepat. Olahraga agar perut rata yang diperlukan bukan hanya melibatkan otot-otot perut saja, tetapi juga bagian otot-otot lain seperti otot punggung, otot di bagian sisi tubuh, dan bagian tengah tubuh.

Baca Juga : Olahraga yang Efektif bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa contoh olahraga agar perut rata yang dapat dilakukan:
  • Plank.
Olahraga ini dilakukan dengan posisi seperti hendak push-up dengan tangan dan lutut menopang tubuh. Luruskan pergelangan tangan, dan pastikan punggung lurus, bagian perut dan bokong dikencangkan. Tahan posisi ini dan hembuskan napas selama 10 detik. Pada saat Anda menghela napas ke luar, perut akan semakin mengencang dan menarik bagian pusar ke dalam ke arah punggung.
  • Leg lowers.
Olahraga ini dilakukan dalam posisi berbaring dengan bagian tubuh atas sedikit melengkung ke depan dan tangan diletakkan di belakang kepala. Angkat kaki Anda dengan lutut ditekuk 90 derajat, lutut berada di atas pinggul, pergelangan kaki sejajar lutut. Dengan menahan pinggul tetap menempel pada lantai, turunkan kaki perlahan ke lantai tanpa mengubah posisi lutut yang ditekuk. Kemudian angkat kaki kembali.
  • Canoe twist.
Dilakukan dengan berdiri tegak dengan kaki terbuka sedikit. Kaitkan 10 jari kedua tangan sehingga saling menggenggam satu sama lain. Hembuskan napas sambil menggerakkan ke kiri tangan yang menggenggam. Pada saat yang bersamaan,  angkat lutut kiri ke atas dan ke arah kanan. Tarik napas dan kembali ke posisi awal. Hembuskan napas kembali dan lakukan gerakan ke arah kanan. Lakukan gerakan selang-seling sebanyak 20 kali. Selain olahraga agar perut rata di atas, untuk mendapatkan perut yang rata perlu diperhatikan juga asupan makanan sehari-hari. Pastikan juga Anda berolahraga secara teratur. Tentukan target yang realistis dan tetap rajin melakukan aktivitas fisik setiap hari.