Apakah Anda senang bekerja? Apakah Anda merasa senang saat memijakkan kaki di kantor? Mungkin hanya sebagian kecil orang yang enjoy bekerja dan pergi ke kantor. Banyak orang, termasuk diriku, yang tersungut-sungut saat tiba di kantor pada pagi hari. Saya memulai hari berharap bahwa pk 6.00 sore akan cepat datang. Saya menyadari bahwa produktifitas saya akan meningkat jika saya enjoy dalam bekerja . Tetapi bagaimana caranya saya bisa enjoy di kantor?

Apakah kita harus bekerja?

Tanpa kita sadari, kita selalu percaya bahwa orang dewasa harus bekerja. Kita bekerja untuk berbagai alasan. Namun sayangnya, mengapa kian lama semakin sulit enjoy bekerja? Apakah Anda cenderung hanya duduk saja dan tidak ingin beranjak dari kursi? Jika ya, hati-hati akan beragam risiko pada kesehatan Anda!

Cara Enjoy Dalam Bekerja

Ayuk ikuti cara-cara untuk enjoy di kantor sebagai berikut::
  • Ingat untuk bergerak! Kurangi waktu duduk Anda!

Karena fokus pada pekerjaan, seringkali kita lupa akan kesehatan. Kita lupa untuk konsumsi air putih, lupa untuk mengonsumsi makanan sehat secara teratur, bahkan lupa untuk bergerak! Sadarkah jika Anda terus melanjutkan perilaku ini, Anda akan merasa semakin lelah? Namun risiko itu sepele jika dibandingkan dengan risiko terbesar, yakni kematian! Kematian karena stres berlebih bisa terjadi karena tubuh tidak kuat dan pikiran yang kacau. Bekerja berjam-jam dan lembur secara berturut-turut tanpa bergerak banyak dapat mengakibatkan badan Anda menjadi kaku dan tidak terolah. Otak pun tidak sempat beristirahat. Untuk itu, sebaiknya cari celah untuk bergerak. Anda dapat bergerak untuk minum maupun ke toilet, dapat pula bertemu dengan orang sekitar dan melakukan pembicaraan singkat sembari berdiri. Jadikan kebiasaan untuk stretching pada pagi hari, jam makan siang dan saat pulang kantor. Siapa tahu Anda akan memulai revolusi zumba atau yoga di kantor Anda!
  • Ada baiknya menciptakan udara yang bersih!

Tahukah Anda bahwa sirkulasi udara yang baik mampu menunjang produktivitas Anda? Hal tersebut tentu berhubungan langsung dengan meningkatnya kualitas kesehatan. Jika memungkinkan, Anda dapat membuka jendela di sebelah meja Anda ketika bekerja. Namun jika Anda bekerja di kantor dengan AC, Anda dapat menggunakan alat untuk menyaring udara dan letakkan dekat dengan Anda. Atau Anda bisa memasang kipas angin kecil jika Anda masih merasa gerah. Bersih pangkal sehat, bukan?
  • Cobalah bekerja sembari berdiri!

Apabila ruangan kantor Anda lebih fleksibel untuk menentukan kenyamanan para pekerjanya, maka cobalah dengan meja yang tinggi. Hal ini dapat mengurangi waktu duduk Anda, karena Anda akan bekerja sambil berdiri. Namun, risiko terbesarnya adalah pegal pada kaki dan leher apabila tidak diatur dengan tepat. Usahakan layar monitor sejajar dengan pandangan mata dan tangan menekuk sebesar 90.
  • Ganti dinding Anda menjadi hijau

Warna hijau dipercaya dapat meningkatkan semangat sebab menurut penelitian, hijau melambangkan kreativitas. Secara tidak langsung, ruangan yang bernuansa hijau mampu meningkatkan kreativitas seseorang sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Jika Anda tidak bisa mengubah warna dinding di kantor Anda, usahakan untuk membawa dekorasi meja bernuansa hijau atau memasang wallpaper hijau di komputer Anda. Siapa tahu Anda akan semakin enjoy bekerja dengan adanya semakin banyak warna hijau disekitar Anda.
  • Percantik dengan tanaman di dalam ruangan!

Menambah suasana hijau di dalam ruangan bisa juga dilakukan dengan membawa tanaman. Selain meningkatkan kreativitas, tanaman juga membantu udara di ruangan menjadi lebih segar. Namun, perhatikan perawatannya! Hati-hati juga dengan hewan atau hama yang dapat menyerang Anda. Pilihkan tanaman yang mudah dirawat, seperti kaktus atau tanaman aloe vera.
  • Dekorasi dengan meletakkan barang-barang pribadi!

Benda-benda yang monoton, seperti layar monitor, kalender, kotak tisu, dan lain-lain mungkin saja membuat Anda jenuh. Anda dapat memberikan dekorasi seperti bingkai foto, pajangan, maupun benda-benda yang Anda sukai. Selagi tidak mengganggu produktivitas, barang-barang tersebut dipercaya dapat membuat Anda lebih enjoy dalam bekerja. 
  • Gunakan aromatherapy

Wangi aromatherapy terbukti ampuh untuk meningkatkan ingatan dan pikiran. Namun, jangan gunakan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti aroma yang membuat iritasi dan terdapat pada produk pengusir hama. Cobalah campuran wangi citrus, basil, dan rosemary untuk meningkatkan konsentrasi.
  • Hindari makan di meja kerja Anda

Beberapa ahli medis menganjurkan kita untuk tidak mengonsumsi makanan di meja kerja. Selain menambah waktu duduk Anda, manusia sebenarnya memiliki sifat yang tidak pernah disadari yaitu tidak dapat melakukan semua pekerjaan secara bersamaan. Walaupun ada orang yang terbiasa mengerjakan secara bersama, mungkin saja pekerjaan tersebut tidak terlaksana dengan sempurna. Gunakan waktu istirahat untuk mengubah suasana dan membantu pikiran Anda beristirahat dari masalah pekerjaan.
  • Perhatikan posisi duduk Anda!

Duduk terlalu lama sebagaimana kita ketahui memang tidak baik untuk kesehatan, tetapi posisi duduk juga memengaruhinya. Sadarkah Anda, posisi duduk yang tidak tepat justru menghambat produktivitas Anda selama di kantor? Duduk bersandar atau menyandarkan kepala Anda di kursi dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan lelah bahkan sakit pada bagian punggung. Usahakan untuk duduk tegak dengan pinggul menjorok kearah lekukan kursi. Pastikan bahu Anda tegak dan rileks. Atur ketinggian kursi sesuai dengan tubuh Anda. Duduk yang benar dan nyaman tentu akan membuat Anda lebih enjoy bekerja!
  • Lakukan gerakan sederhana seperti olahraga

Sebagaimana kita ketahui, olahraga memang baik untuk kesehatan. Terlebih jika kita terlalu lelah dengan pekerjaan. Sedikit gerakan olahraga ternyata dapat meningkatkan produktivitas di hari tersebut! Angkat bahu sebanyak 5-10 kali serta latihan betis sebanyak 20 kali saat duduk. Jangan lupa untuk stretching setiap 60 menit.
  • Sesekali bawa binatang peliharaan Anda ke kantor

Cara ini memang terdengar melelahkan, karena kita dituntut untuk memberikan fokus perhatian lebih pada dua hal, pekerjaan dan binatang. Tentu saja sedikit merepotkan, tetapi sadarkah Anda jika kehadiran binatang peliharaan Anda dapat mengurangi stres berlebih? Bahkan bukan hanya untuk Anda, melainkan juga bisa membantu orang lain enjoy berada di kantor.
  • Atur tingkat cahaya di ruangan

Beruntunglah jika meja kerja Anda dekat dengan jendela. Selain dapat melihat suasana baru, cahaya alami dapat menghindari suasana ruangan yang redup/minim cahaya. Perlu diingat bahwa cahaya layar monitor yang berlebihan dapat merusak mata Anda! Bekerja adalah suatu kebutuhan esensial bagi kebanyakan orang. Daripada bergumul dan menyeret kaki ke kantor, sebaiknya kita belajar untuk enjoy bekerja. Tak hanya untuk memperbaiki mood , tetapi enjoy berada di kantor juga bisa meningkatkan produktifitas dan kualitas hidup setiap orang. Ingat untuk mengelilingi diri Anda dengan makhluk  hidup baik tumbuhan atau binatang peliharaan, sesuaikan posisi duduk Anda, dan bergerak dengan melaksanakan stretching secara reguler untuk semakin enjoy bekerja. Jangan lupa untuk beristirahat agar dirimu semakin bekerja dengan baik dan happy!