Penyakit

Kencing Nanah / Gonorrhoea

Gonorrhoea atau gonore atau dikenal sebagai penyakit kencing nanah adalah penyakit menular seksual akibat bakteri yang paling sering terjadi. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini. Gonore adalah infeksi bakteri yang dapat menular dari orang ke orang ketika Anda melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi, atau melakukan kontak dengan cairan tubuh mereka. Gonore juga dapat menular dari ibu kepada anak.

Gonore paling sering menular melalui hubungan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom baru tiap digunakan, dan berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bakteri gonore tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Gaya hidup yang baik dapat menghindarkan Anda dari penyakit kencing nanah, yaitu:

  • Gunakan kondom saat berhubungan seksual sebagai tindakan pencegahan.
  • Pastikan pasangan seksual Anda tidak memiliki penyakit menular seksual.
  • Hindari untuk berhubungan seksual dengan orang yang Anda curigai memiliki gejala yang tidak biasa.
  • Jika sudah terinfeksi, hindari kontak seksual dengan pasangan yang tidak terinfeksi.
  • Pastikan Anda taat dengan pengobatan yang diresepkan oleh dokter.

Gonore biasanya tidak akan langsung menunjukkan gejala segera saat Anda terinfeksi. Gejala biasanya muncul sekitar 10-20 hari setelah infeksi. Ketika gejala mulai muncul, Anda lebih baik mendapatkan pengobatan sesegera mungkin. Jika tidak diobati, gonore dapat menyebabkan ruam, demam, dan akhirnya nyeri sendi.

Gejala gonore biasanya lebih mudah dikenali pada pria dibandikan wanita. Gonore yang menyerang wanita pada awalnya menunjukkan gejala yang sangat ringan, sehingga seringkali disalahartikan sebagai infeksi vagina atau ISK (infeksi saluran kemih). Jika tidak segera ditangani dengan baik, infeksi gonore bisa menjalar ke panggul dan menyebabkan perdarahan, sakit perut bagian bawah, demam, dan sakit saat berhubungan seksual.

Gejala gonore umum yang paling sering muncul baik pada pria dan wanita adalah sakit saat buang air kecil, keluar cairan kental berwarna kuning atau hijau dari kelamin (penis atau vagina). Inilah yang menjadi penyebab penyakit ini juga disebut kencing nanah.

 

 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Bakteri gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi. Bakteri penyakit ini bisa menyerang dubur, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. 

Untuk mendiagnosis gonore,biasanya dilakukan pemeriksaan lewat tes urine untuk mengidentifikasi bakteri. Sayangnya, pemeriksaan gonore lewat urine tidak terlalu akurat untuk wanita. Itulah mengapa, dilakukan pula tes lain, seperti pemeriksaan cairan vagina, swab tenggorokan, uretra atau anus.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala gonore atau penyakit menular kelamin lainnya sebelum menjadi masalah kesehatan jangka panjang yang lebih serius.

Dokter biasanya akan memberikan suntikan antibiotik dan tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta menganjurkan agar Anda kembali lagi satu atau dua pekan setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan memastikan bakteri gonore telah hilang sepenuhnya. Jika Anda memiliki gonore, pasangan Anda juga harus diobati pada saat yang sama untuk menghindari infeksi dan penyebaran penyakit lebih lanjut. Bahkan jika Anda merasa lebih baik, Anda masih perlu mengikuti instruksi dan menggunakan semua antibiotik Anda.

Rekomendasi Artikel

Obat Kumur Mampu Membunuh Bakteri Penyebab Kencing Nanah?

Obat Kumur Mampu Membunuh Bakteri Penyebab Kencing Nanah?

Obat kumur tidak hanya untuk menyegarkan napas dan membersihkan gigi, tetapi ternyata bisa membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab kencing nanah.

GueSehat

10 May 2017

Direktori

    Proses...