Steak? Sate kambing? Rendang? Hmm... Semua pasti disuka! Semua makanan dari daging merah memang sulit untuk ditolak, ya! Tak sedikit juga yang menjadikan masakan yang diolah dengan bahan dasar daging merah, seperti daging sapi dan kambing sebagai makanan favorit. Eh! Tunggu dulu. Ternyata ada benarnya lho, pepatah yang mengatakan makanan yang enak biasanya tidak sehat. Meski tidak semuanya begitu, penelitian menemukan bahwa makanan dengan olahan daging merah ternyata kurang baik bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih bagi wanita. Mengapa demikian?

Apakah Mengonsumsi Daging Merah Pemicu Kanker Payudara?

Sebuah riset yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) telah meneliti bahwa wanita usia remaja yang lebih banyak mengonsumsi daging merah dibanding daging ayam dan ikan, ternyata lebih berisiko terkena kanker payudara saat dewasa. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa 89.000 wanita usia 26-45 tahun selama 20 tahun. Pada akhir penelitian sebanyak 2.830 wanita didiagnosa mengidap kanker payudara. Dibandingkan dengan wanita yang makan satu porsi daging merah per minggu, wanita yang makan 1,6 porsi per hari memiliki risiko kanker payudara lebih tinggi 22%. Setiap penambahan satu porsi daging merah per hari maka akan meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 13%. Dari analisa ini, peneliti menyarankan untuk mengganti sajian daging merah dengan kombinasi ikan, kacang-kacangan, dan daging ayam karena terbukti dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 14%.

Ganti Daging Merah untuk Ayam, Kacang-kacangan dan Ikan

Salah seorang peneliti the Harvard School Public Health's Department of Nutrition, Maryam Farvid mengatakan bahwa dengan mengurangi daging olahan, membatasi konsumsi daging merah, dan mengganti daging merah dengan kombinasi daging ayam, kacang-kacangan, dan ikan sebagai sumber protein akan bermanfaat untuk pencegahan kanker payudara.

Mengapa?

Namun sayangnya, studi yang telah dilakukan ini belum dapat menjelaskan alasan biologis mengapa daging merah dapat menyebabkan kanker payudara. . Para peneliti masih mengira penyebab terbesar kanker payudara adalah pada produk yang terbentuk dari proses pemasakan daging merah. Selain itu, hormon pertumbuhan yang disuntikan pada hewan ternak juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jadi, apakah Anda termasuk penggemar daging merah? Nampaknya harus coba dikurangi mulai sekarang, dan jangan lupa buang lemaknya dengan berolahraga, ya.