Apakah Anda sering sakit gigi ataukah gigi Anda ada yang berlubang? Terkadang sakit gigi yang Anda alami dapat membuat Anda menjadi sangat stres bukan? Iya. Hal ini karena perih dan nyeri yang muncul dari sakit gigi tidak bisa Anda tahan lagi. Gigi merupakan bagian tubuh yang memiliki peranan penting, seperti untuk membantu menghaluskan makanan yang masuk melalui mulut dan sebagai bagian dari estetika tubuh juga. Bisa dibayangkan kalau gigi Anda rusak tentu akan ‘merusak’ penampilan Anda bukan? Untuk itu sangat penting bagi Anda agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Permasalahan gigi memang sering dijumpai baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya, akar masalah yang menyebabkan gigi sakit adalah kebiasaan buruk seseorang yang malas menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan. Oral Hygiene (kebersihan mulut) adalah upaya untuk membersihkan rongga mulut dan lidah dari semua kotoran/ sisa makanan. Jika gigi dan mulut tidak bersih maka tidak hanya menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, dan radang gusi, tetapi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

Akan tetapi, bagaimana cara mencegah terjadinya sakit gigi?

Langkah awalnya adalah dengan merawat gigi dan gusi sedini mungkin. Sedangkan, langkah konkret yang bisa dilakukan dalam merawat kebersihan gigi dan mulut adalah sebagai berikut:
  1. Sikatlah gigi dengan benar minimal 2 kali sehari; pagi sehabis sarapan dan malam sebelum tidur. Pastikan sikat gigi yang Anda pakai sudah bersih sebelum digunakan
  2. Jangan tunggu sikat gigi Anda ‘mekar’. Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Pilih sikat gigi berbulu lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi
  3. Rajinlah menyikat lidah. Karena lidah termasuk bagian mulut yang paling sering menyentuh makanan sehingga bakteri berpotensi tinggal di bagian lidah.
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Setelah itu lanjutkan dengan berkumur dengan cairan antiseptik setelah sikat gigi.
  5. Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan manis.
  6. Minumlah banyak air putih setelah mengonsumsi makanan dan minuman manis.
  7. Biasakanlah untuk makan buah-buahan segar karena seratnya dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi.
  8. Konsumsi makanan yang seimbang dan kaya kalsium, seperti susu, keju, telur, ikan teri, bayam, katuk, sawi, dan agar-agar.
  9. Hindari stres dan jaga daya tahan tubuh, antara lain dengan mengonsumsi vitamin C dan makan makanan bergizi.
  10. Hindari rokok karena rokok juga dapat menyebabkan plak pada gigi.
Itulah tips bagi Anda yang sering mengalami sakit gigi. Yang paling penting adalah jadikan kebersihan gigi sebagai investasi utama untuk kesehatan Anda. Lebih lengkap lagi sebaiknya periksalah gigi Anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar gigi Anda tetap sehat dan tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Namun, penting juga untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi agar ketika hal itu terjadi, Anda tidak bingung bagaimana dalam menanggulanginya.