Makanan untuk diet sebenarnya tidak hanya untuk Kamu yang ingin menurunkan berat badan saja. Jika Kamu berniat menjalani pola hidup sehat, seharusnya juga mengonsumsi menu makanan diet sehat sebagai asupan sehari-hari. Makanan diet berarti makanan bergizi yang memiliki kadar seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap harinya. Kebutuhan tersebut meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta kebutuhan cairan tubuh.

 

Perhatikan Kalori Makanan

Tidak hanya itu, Kamu juga perlu memerhatikan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh setiap harinya ketika sedang menjalankan diet sehat. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Namun, rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 2.000 kalori tiap harinya. Sebaiknya, Kamu juga berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui berapa kebutuhan gizi serta kalori tubuh secara tepat. Mengatur jumlah kalori yang diasup sangat penting diperhatikan, terutama bagi Kamu yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena kalori yang dikonsumsi akan berubah menjadi energi tubuh. Jumlah kalori berlebih yang masuk dalam tubuh tidak akan berubah menjadi energi, namun akan ditumpuk dan disimpan sebagai lemak.

 

Baca Juga : 13 Makanan Sehat Untuk Jantung Anda

 

Makanan untuk Diet Sehat di Pagi Hari

Ketika baru bangun pagi, sangat disarankan untuk langsung mengonsumsi segelas air putih. Setelah itu, barulah Kamu bisa mengonsumsi segelas jus hijau atau air perasan lemon dan madu. Selain itu, Kamu juga bisa mengisi perut di pagi hari dengan makanan untuk diet, seperti semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu rendah lemak. Bisa juga ditambahkan dengan buah pisang serta selembar roti gandum dengan selai kacang favorit Anda. Pilihan makanan diet sehat di pagi hari lainnya adalah oatmeal yang dicampur dengan biji-bijian (chia seed) atau kismis. Tambahkan pula segelas jus jeruk murni sebanyak 250 ml atau susu tanpa lemak sebanyak 120 ml.

 

Makanan Diet Sehat di Siang Hari

Makanan sehat bukan berarti Kamu harus makan makanan yang hambar dan tidak menggugah selera. Coba deh Kamu lebih cerdik memilih menu makanan yang sehat yang nikmat. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan bekal, Kamu bisa membuat sandwich isi yang terdiri dari biji-bijian utuh, ayam, tumis jamur, dan saus mustard. Belum kenyang? Tambahkan saja kentang rebus 200 gram dalam menunya.

 

 

Makanan untuk Diet Sehat di Malam Hari

Saat diet, Kamu tidak boleh makan malam? Siapa bilang? Kamu hanya perlu mengatur menu makanan serta waktu mengonsumsinya. Usahakan untuk makan sebelum pukul 19.00 atau 2 jam sebelum tidur. Untuk menu makanan sehat di malam hari, Kamu bisa memasak cap cay dengan sayuran serta paprika. Tambahkan pula semangkuk kecil nasi merah dan secangkir lemon tea sebanyak 250 ml. Sebagai variasi, cobalah ikan salmon panggang dengan taburan daun seledri dan bawang putih sebagai perasa. Sajikan bersama dengan semangkuk kecil nasi merah, dan brokoli sebanyak 125 gram. Sebelum tidur, konsumsilah susu tanpa lemak sebanyak 250 ml.

 

Kamu juga perlu memperbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Untuk pemilihan makanan pun tidak sebatas menu sehat di atas saja. Kamu bisa mengombinasikannya dengan menu lainnya yang rendah gula, lemak, dan minyak. Lebih baik lagi untuk sama sekali tidak menggunakan ketiga bahan tersebut. Ingat, diet sehat bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja, ya! Namun juga menjaga tubuh tetap sehat. Jangan malu untuk mengatakan ke temanmu jika sedang menjalankan pola hidup sehat dengan hanya mengonsumsi makanan tertentu. Mereka akan memotivasi untuk mempertahankan kebiasaan ini, atau mengingatkan Kamu untuk tidak tergoda makanan lain yang tidak sehat. Selain itu, secara tidak langsung Kamu juga bisa mengajak teman-teman untuk ikut mengonsumsi makanan untuk diet sehat dengan melihat manfaat yang terjadi pada dirimu.