Perkembangan zaman dan teknologi dapat membawa dampak yang buruk bagi manusia. Salah satunya adalah menjadi ketergantungan dengan teknologi yang sudah ada. Semua orang bisa saja merasakan dampak buruk dari perkembangan teknologi yang ada, tidak terkecuali anak-anak. Di satu sisi perkembangan teknologi seperti televisi, telepon genggam, tablet, dapat menunjang perkembangan anak-anak, namun di sisi lain ketergantungan terhadap teknologi-teknologi tersebut justru membawa pengaruh buruk terhadap emosional dan keadaan fisik anak. Radiasi yang ditimbulkan dari televisi, telepon genggam, atau tablet tentu dapat mengganggu dan merusak kondisi tubuh anak. Salah satu keluhan yang sering muncul akibat penggunaan teknologi tersebut adalah menurunnya kemampuan visual atau penglihatan anak. Jika sudah timbul keluhan seperti ini, tentu Anda sebagai orang tua tidak akan berdiam diri dan segera mencari solusinya. Dan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah mencarikan anak Anda kebutuhan akan kacamata agar dapat membantu penglihatannya lebih jelas. Lalu untuk menentukan kacamata seperti apa yang cocok untuk anak, tentu tidaklah mudah. Maka untuk membantu Anda, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar dapat memilih kacamata yang tepat untuk anak Anda.
  1. Pilihlah frame atau bingkai kacamata yang tepat sehingga membuat kacamata nyaman digunakan setiap saat. Bingkai yang memiliki pegas di bagian gagangnya atau yang lentur bisa menjadi pilihan tepat, mengingat anak-anak sangat aktif bergerak.
  2. Jangan memilih kacamata dengan setelan yang tidak pas. Kacamata yang terlalu ketat, melorot, atau miring saat digunakan akan menyebabkan ketidaknyamanan.
  3. Gunakan lensa tahan bentur dan UV protect. Usia anak-anak adalah usia yang paling krusial, sehingga penggunaan lensa haruslah yang tepat agar penglihatan mereka senantiasa terjaga. Contoh lensa yang tepat bagi anak antara lain lensa berbahan Trivex dan Polycarbonate. Lensa-lensa jenis ini tahan benturan dan juga dapat melindungi mata dari sinar UV.
  4. Periksakanlah secara rutin mata anak ke dokter mata atau optician. Hal ini untuk mencegah ketidakcocokan ukuran lensa yang digunakan anak. Ukuran kacamata yang tidak cocok akan membuat mata harus bekerja ekstra lebih dan justru akan semakin memperburuk kondisi mata anak.
Tentu kesehatan buah hati adalah hal penting dan utama bagi setiap orang tua.  Gangguan penglihatan yang dialami anak pastinya membuat Anda resah. Jadi jangan buat diri Anda semakin resah dengan kesalahan dalam memilih kacamata yang anak butuhkan. Selain itu tetap jaga kondisi kesehatan anak dengan asupan gizi dan vitamin yang tepat. Karena asupan gizi dan vitamin yang tepat dapat membantu perkembangan anak, tak terkecuali sistem indera penglihatannya.