Bagi Anda para wanita yang sedang menjalani masa kehamilan dan menantikan kehadiran buah hati, tentu sudah merasa lazim dengan gejala morning sickness yang kerap muncul. Tidak jarang pula gejala morning sickness ini mengganggu Anda, bukan hanya di pagi hari, namun hampir sepanjang hari. Sebenarnya, bisakah morning sickness diatasi? Tentu bisa!

Apa Penyebab Rasa Mual Saat Hamil?

Pertama, perlu diketahui bahwa morning sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi pada masa awal kehamilan. Kondisi ini dipengaruhi oleh peningkatan produksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadoptrin) pada masa kehamilan. Hormon HCG dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan produksi hormon kehamilan, progesteron, agar tetap stabil. Penyebab lain seorang wanita hamil kerap mengalami morning sickness adalah indra penciuman yang menjadi lebih sensitif. Itulah mengapa, beberapa wanita hamil akan mual jika mencium bau-bauan tertentu.

Baca Juga : Waspada Anemia pada Ibu Hamil!

Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil

Jika Anda merasa mengalami morning sickness dan gejala yang Anda rasakan masih tergolong normal, berikut ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa mual saat hamil Anda:
  1. Beristirahatlah dengan waktu yang cukup. Waktu istirahat yang kurang serta kelelahan hanya akan membuat gejala morning sickness Anda semakin parah. Ketika Anda sudah bangun, jangan terburu-buru bangkit dari tempat tidur, berilah jeda beberapa saat.
  2. Biasakanlah mengonsumsi sedikit kue ataupun roti kering ketika Anda terbangun di pagi atau  malam hari.
  3. Minum minuman hangat, jangan minuman dingin atau dengan rasa dan aroma yang terlalu menyengat.
  4. Berbeda dengan minuman, untuk mengurangi rasa mual, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan ketika sudah dingin karena makanan panas memiliki bau yang lebih menyengat.
  5. Pilihlah makanan yang tinggi dengan kandungan protein dan karbohidrat seperti keju, susu dan yoghurt.
  6. Sebaiknya hindari makanan berlemak ataupun berminyak dan juga pedas.
  7. Jangan makan dengan porsi yang terlalu banyak dalam satu waktu. Sebaiknya makanlah dengan porsi yang sedikit tetapi sering. Untuk mengatasi rasa lapar, Anda dapat mengonsumsi makanan kecil setiap 1-2 jam sekali.
  8. Cobalah untuk mengonsumsi produk berbahan dasar jahe seperti minuman atau permen jahe, karena rasa pada jahe dapat mengurangi rasa mual.
  9. Jangan malas untuk berjalan keluar rumah di pagi atau sore hari. Udara segar sangat berguna untuk menyegarkan diri wanita hamil.
  10. Jauhilah asap rokok
  11. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti biji-bijian utuh dan kacang-kacangan.
  12. Mengonsumsi suplemen vitamin B6 berdasarkan pengawasan dokter.
Umumnya seiring pertambahan usia janin, gejala mual saat hamil ini akan berkurang bahkan hilang ketika kandungan berusia 12 minggu. Namun ada beberapa wanita yang mengalami morning sickness lebih lama dan lebih parah, yang biasanya dikenal dengan kasus hiperemesis gravidarum (HG). Pada kasus ini, wanita hamil akan sangat sulit ketika mengonsumsi makanan dan minuman karena teralu sering muntah. Jika, tips di atas tidak dapat meringankan gejala morning sickness Anda, terlebih jika gejala yang Anda rasakan lebih parah, ada baiknya jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter.