Sudah pernah mendengar mengenai sel punca? Sel punca merupakan salah satu sel dalam tubuh yang memiliki banyak sekali manfaat, antara lain adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit berat seperti kanker sel darah putih (leukimia). Manfaat dari sel punca ini juga sedang diteliti oleh para ahli untuk mengobati penyakit lain seperti alzheimer, cerebral palsy, AIDS, dan lainnya. Oleh karena itu banyak sekarang orang tua yang memilih untuk menyimpan sel punca di bank tali pusat untuk mendapatkan manfaat yang telah disebutkan di atas. Tapi perlu diingat, manfaat dari sel punca ini belum 100% terbukti sehingga menyimpannya pun menurut saya masih tergolong gambling.

Pertama Kali Mengetahui Manfaat Sel Punca

Saya mengetahui mengenai manfaat sel punca dari brosur yang berada di rumah sakit yang saya kunjungi selama kehamilan saya. Judul yang ada di brosur yang menarik membuat saya ingin mengetahui lebih dalam lagi mengenai sel punca ini. Manfaat dan proses pengambilan sel punca yang mudah membuat saya merasa semakin tertarik  untuk menyimpannya di beberapa bank tali pusat yang menyediakan jasanya. Akan tetapi, concern saya ketika itu adalah harga nya yang mahal dan kepastian akan manfaat dari sel punca itu belum 100%. Rugi dong kalau misalkan sudah mahal-mahal membayar ternyata manfaat nya tidak dapat saya rasakan? Saya pun mulai bertanya ke teman-teman sekeliling saya apakah ada dari mereka yang menyimpan tali punca bayi mereka di bank tali punca. Ternyata, ketika itu, belum ada satu pun teman yang melakukannya! Hal itu membuat saya semakin galau. Akan tetapi, setelah saya berdiskusi dengan orang tua, saya pun akhirnya memutuskan untuk menyimpan tali punca anak saya. Kami menganggap penyimpanan ini adalah seperti bentuk lain dari asuransi hidup yang mudah-mudahan saja tidak akan pernah terpakai. Saya pun berharap dengan adanya teknologi yang semakin canggih dan modern, tingkat keberhasilan penggunaan tali punca akan semakin tinggi. Dimanakah Bank Tali Pusat yang Terbaik? Tapi kebingungan saya tidak sampai disitu saja. Berikutnya saya harus memilih di bank tali pusat manakah saya akan menyimpannya? Ketika itu ada beberapa pilihan seperti Cryocord, CordLife, dan ProStem. Mereka masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan yang akan saya list dibawah ini.

1 . Cryocord

Kelebihan: - Bank tali pusat ini ada di bawah lembaga resmi pemerintahan Malaysia sehingga (menurut saya) eksistensinya akan lebih terjamin dibandingkan bank tali pusat swasta. Penting menurut saya untuk memikirkan mengenai eksistensi jangka panjang dari bank tali pusat ini karena penggunaannya mungkin baru akan digunakan bertahun-tahun mendatang. - Harga yang cukup terjangkau. Harga menyimpan di bank tali pusat Malaysia ada di bawah Singapura dengan kualitas yang menurut saya sebanding. - Skema cicilan pembayaran yang menarik. Menyimpan di bank tali pusat ini biasanya dibagi durasi menjadi per tahun, 10 tahun, dan 20 tahun. Untuk customer yang mengambil paket penyimpanan 10 atau 20 tahun, CryoCord memudahkannya dengan adanya cicilan selama 12 bulan. Jadi lebih ringan di kantong kan? - Bisa juga menyimpan darah dan membran tali pusat. Kekurangan: - Kalau tidak salah, volume yang bisa disimpan lebih kecil dibandingkan jika kita menyimpan di bank darah yang berlokasi di Singapura. - Lokasi penyimpanan yang berada di Malaysia membuat adanya biaya tambahan lagi jika nantinya sel punca ini ingin digunakan di negara lain.

2 . CordLife

Kelebihan: - Bisa menyimpan darah dan membran tali pusat. - Pembayaran bisa dilakukan dengan cicilan. - Bisa disimpan di Jakarta ataupun di Singapura. Kalau disimpan di Jakarta, harga penyimpanannya lebih murah. Akan tetapi, sejujurnya saya memiliki concern lain mengenai penyimpanan di Jakarta. Setelah saya cek, lokasi kantor penyimpanan CordLife di Jakarta ini hanyalah di ruko. Bukannya saya bermaksud skeptikal, tapi jika terjadi sesuatu dengan ruko tersebut seperti digusur atau mati lampu, maka tidak ada jaminan pasti. Kekurangan: - Beberapa customer CordLife yang saya baca diforum ini ternyata mengalami pengalaman yang tidak meyenangkan dengan CordLife.  Nah, mendengar berita ini membuatku menjadi ragu untuk memilih CordLife. Karena bagaimanapun juga, kita sudah membayar mahal untuk service ini. Tentu saja kita berhak mendapatkan service yang sebaik mungkin.

3 . Prodia

Kelebihan: - Menawarkan harga yang paling terjangkau dibandingkan dengan bank sel punca lainnya. - Sudah mendapatkan izin dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. - Lokasi berada di Jakarta sehingga jika suatu waktu dibutuhkan dalam waktu cepat bisa langsung digunakan. Kekurangan: - Hanya bisa menyimpan darah tali pusat tanpa membran nya. Kira-kira itulah yang bisa saya bagikan kepada Anda mengenai beberapa pertimbangan saya dalam memilih bank sel punca untuk anak saya kemarin. Kalau Anda sendiri apakah sudah ada yang mencoba jasa bank sel punca ini? Jika ya, dimana sih Anda menyimpannya?