Setelah melahirkan, berat badan saya masih tersisa 15 kg dari berat sebelum saya hamil. Karena itu, saya jadi mulai rajin mencari berbagai ide untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga sampai ikut program menurunkan berat badan dari salah satu institusi ternama di Indonesia. Nah, dari situ saya dapat panduan makan sehat untuk menurunkan berat badan yang sempat saya coba beberapa minggu pertama. Percobaan Makan dengan Panduan Makan Sehat Saya ganti nasi saya dengan nasi dari beras merah, minyak yang saya gunakan untuk menggoreng dan menumis juga saya ganti dengan canola oil. Porsi makan pun saya coba potong. Agak berat memang, karena nasi beras merah rasanya tidak seenak nasi putih biasa, namun kenyangnya memang lebih lama. Mungkin karena seratnya lebih banyak ya. Dipercaya, beras merah juga dapat menurunkan risiko kolesterol dan baik untuk penderita diabetes. Berikut artikel yang sangat bermanfaat mengenai kegunaan mengkonsumsi beras merah: http://manfaat.co.id/manfaat-beras-merah Setelah beberapa minggu mengikuti beberapa panduan makanan sehat yang saya dapat dari program menurunkan berat badan tersebut, badan memang terasa lebih enteng meskipun hanya turun 1kg. Haha. Namun, pada waktu saya mengikuti program menurunkan berat badan itu, saya masih agak takut untuk ikut program dietnya karena Elika, anak saya pada waktu itu masih 4 bulan. Namun saat ini Elika sudah mulai menginjak usia 9 bulan dan sudah mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI) sehingga menyusu pun jadi tidak sesering 6 bulan pertama. Sepertinya saya akan mulai mengikuti panduan makan sehat tersebut lagi. Untuk teman-teman yang mau tahu bagaimana panduan makan sehat tersebut, berikut penjelasannya: Makan pagi: (pilih salah satu dari 5 pilihan makanan ini)
  1. Susu low fat + buah-buahan segar atau jus buah
  2. Protein (telur, ikan, tahu tempe, dll) + sayur + buah
  3. Roti gandum (1-2 keping saja) + 1 sendok teh margarin low salt atau unsalted butter + sayur + buah
  4. Gandum oatmeal atau sereal + sayur + buah
  5. Nasi beras merah atau brown rice (1/2 piring) + sayur + buah
Snack 1: buah-buahan/ jus buah/ yogurt/ susu low fat/ kacang hujau tanpa santan/ agar-agar low sugar Makan siang: (lengkap ketiga jenis makanan ini)
  1. Karbohidrat: nasi beras merah / brown rice/ kentang / singkong / ubi / mie dari tepung gandum (Japanese Soba, Pasta, dll) kurang lebih 6 sendok makan
  2. Protein (ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu tempe, dll) kurang lebih 200 gr
  3. Sayur-sayuran (sawi, tomat, wortel, bayam, brokoli, dll)
Snack 2: buah-buahan/ jus buah/ yogurt/ susu low fat/ kacang hujau tanpa santan/ agar-agar low sugar Makan malam (lengkap keempat jenis makanan):
  1. Karbohidrat: nasi beras merah/ brown rice/ kentang/ singkong/ ubi/ mie dari tepung gandum (Japanese Soba, Pasta, dll) kurang lebih 3 sendok makan
  2. Protein (ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tahu tempe, dll) kurang lebih 150 gr
  3. Sayur-sayuran + buah-buahan
Katanya sih jika saya bisa mengikuti panduan makan sehat seperti ini, dibantu dengan olahraga yang teratur, berat badan saya bisa turun perlahan-lahan dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Semangat!!