Menggambar dan mewarnai selain menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, ternyata juga sangat bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas mereka. Dengan menggambar, anak-anak dapat menuangkan berbagai imajinasi yang ada di kepala mereka. Kegiatan menggambar dan mewarnai adalah hal yang penting untuk anak. Pasalnya, kegiatan ini melatih fungsi penting dalam pengembangan fisik, emosi dan kognitif anak. Membimbing anak untuk menggambar dan mewarnai sebenarnya bukanlah hal yang sulit, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mendorong anak untuk menggambar dan mewarnai:
  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan bahan-bahan untuk anak menggambar, seperti kertas atau buku gambar khusus, atau buku mewarnai. Untuk alat-alat mewarnai, sebaiknya gunakan yang bersifat non toxic sehingga aman untuk anak-anak. Meskipun alat yang digunakan terbilang aman, namun lebih baik Anda tetap mendampingi anak ketika melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai karena tidak jarang anak-anak merasa penasaran dengan warna-warna yang menarik dan mencoba memasukkan ke dalam mulutnya.
  • Jadilah teladan untuk anak Anda. Yang dimaksud menjadi teladan dalam hal ini bukan berarti Anda memberikan contoh gambar yang harus ia ikuti, melainkan dengan menunjukkan pula antusiasme Anda pada kegiatan menggambar dan mewarnai. Hal ini akan membuat anak Anda menjadi lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai bersama Anda.
  •  Dukung upaya anak Anda untuk menggambar dan mewarnai melalui pujian, seperti “Cantik ya, bunga warna merah ayang digambar Adik.”

Baca Juga : Cara Mengembangkan 8 Jenis Kecerdasan Anak

  • Saat anak menggambar, cobalah untuk bertanya pada anak mengenai gambar yang ia buat. Bertanya dengan kata-kata seperti, “Coba ceritakan ke mama dong yang ada di gambar kamu itu.” dan hindari bertanya “Kamu menggambar apa itu?”. Hal ini karena dengan Anda bertanya seperti pertanyaan kedua, anak akan menangkapnya dengan pertanyaan “Itu gambar apa sih? Mama nggak ngerti.” Pertanyaan seperti itu akan membuatnya merasa melakukan kesalahan ketika menggambar dan kemungkinan akan membuatnya untuk malu menggambar lagi karena sudah merasa gagal.
  • Jangan lupa untuk mengajarkan mengenai teknik dasar menggambar, seperti tebal, tipis, lebar, sempit, gelap, terang, dan lainnya.
  • Berikan kesempatan anak Anda untuk memilih subjek yang ingin digambar dan lembar mewarnai yang ia inginkan. Anda dapat mengunduh beberapa gambar tokoh kartun kesukaan anak Anda dari situs internet ataupun sumber lain. Hal ini dapat mendorong anak memiliki keinginan untuk mewarnai.
  • Apresiasilah hasil menggambar atau mewarnai anak Anda dengan memuji atau membingkainya. Dengan mengapresiasi karyanya, anak akan merasa semakin percaya diri.
Sebenarnya sangat mudah bukan untuk membantu meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar dan mewarnai, yang diperlukan hanya ketersediaan waktu Anda untuk mendampingi si Kecil ketika melakukannya. Jangan batasi imajinasi dan kreativitasnya, serta jadikan kegiatan menggambar dan mewarnai ini menjadi kegiatan favoritnya bersama Anda!