Sebagian orang menggunakan kesibukan sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Padahal tidak ada waktu bukanlah alasan. Sebagian orang mengira, memerlukan waktu 1 jam untuk berolahraga agar efektif. Pendapat tersebut kurang tepat. Anda hanya perlu meluangkan 30 menit untuk berolahraga agar tubuh tetap sehat dan fit.

30 Menit Sehari Saja Cukup

Tubuh dapat memperoleh manfaat jika olahraga dilakukan terus-menerus, bukan dalam jangka waktu yang lama. Olahraga hanya 30 menit asal dilakukan setiap hari, besar manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga : Cara Supaya Tidak Malas Olahraga

Dalam rentang waktu 30 menit, olahraga harus mencakup latihan resistensi dan kardiovaskular. Dalam 30 menit dapat dibagi menjadi 20 menit latihan resistensi dan 10 menit latihan kardiovaskular. Berikut beberapa latihan resistensi yang dapat Anda lakukan.
  • Latihan tubuh bagian bawah untuk menguatkan otot quadriceps.
Contoh dari latihan ini adalah squat. Latihan ini dilakukan dengan berdiri dengan kedua kaki sedikit dibuka. Turunkan tubuh perlahan-lahan dengan menekuk bagian pinggul dan lutut.
  • Latihan bagian tubuh atas dengan push-up.
  • Latihan bagian tubuh atas dengan alat untuk berolahraga.
contohnya adalah latihan angkat beban. Gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan adalah duduk tegak, kemudian tarik beban ke bawah melewati bagian wajah ke arah dada.
  • Latihan bagian perut.
Contoh latihan bagian perut adalah sit-up. Latihan dilakukan dalam posisi berbaring, lutut ditekuk ke arah dada, kemudian angkat bagian tubuh atas dari atas lantai. Dengan tangan berada di belakang kepala, rotasikan tubuh atas ke kanan sementara lutut kanan ditarik ke dalam. Kemudian lakukan gerakan pada arah sebaliknya. Latihan-latihan di atas sebaiknya dilakukan dengan pengulangan sebanyak 10 kali dan gerakan dapat diulang hingga mencapai 20 menit. Setelah 20 menit latihan resistensi, lanjutkan dengan latihan kardiovaskular selama 10 menit. Contoh dari latihan kardiovaskular adalah berlari. Saat melakukan latihan kardiovaskular, mulailah dari intensitas ringan ke sedang. Waktu peralihan dari intensitas ringan ke sedang yang disarankan adalah 1 menit. Latihan kemudian dibagi menjadi 30 detik dalam kecepatan tertinggi yang dapat Anda toleransi dan 30 detik dalam kecepatan normal.