Apakah Kamu pernah merasa nyeri di persendian? Nyeri yang muncul pada bagian persendian bisa menjadi penyebab penyakit asam urat. Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat memunculkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Nah, apa hal penting yang harus Kamu tahu mengenai penyakit asam urat? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

 

1. Apa Penyebabnya?

Penyakit asam urat dapat timbul karenakan banyaknya uric acid di dalam darah. Ketika kadar uric acid di dalam darah terlalu tinggi akan terbentuk kristal keras di sendi, sehingga bisa menimbulkan rasa nyeri.

 

2. Apa Gejalanya?

Gout atau asam urat sendiri merupakan penyakit yang diagnosisnya dilakukan bukan berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium tetapi berdasarkan gejala yang muncul. Gejala-gejala yang bisa muncul adalah seperti berikut:

  • Timbul pembengkakan yang dibarengi dengan nyeri pada salah satu sendi biasanya pada bagian kaki. Nyeri dan pembengkakan tersebut dapat berlangsung selama berjam-jam dan memberikan rasa nyeri yang semakin ekstrem.
  • Pada bagian sendi yang nyeri dan bengkak tadi, warna kulit akan berubah menjadi merah. Tanda tersebut sekaligus dapat menunjukkan sendi sedang mengalami gangguan seperti nyeri.
  • Persendian Kamu akan terbatas dalam bergerak ketika asam urat datang.

 

3. Siapa saja yang bisa mengalami ?

Kebanyakan kasus asam urat menyerang kaum pria. Bagi Kamu yang memiliki riwayat keluarga asam urat pun perlu berhati-hati sebab berisiko mengalami hal serupa. Selain itu, khusus bagi Kamu yang secara bawaan lahir memang memiliki kadar uric acid tinggi juga harus hari-hati.

 

4. Bagaimana mengobatinya dan mencegah asam urat?

Kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara yang digunakan untuk mengobati asam urat. Ada 2 langkah besar yakni secara non-farmakologi dan farmakologi.

  • Secara non-farmakologi

Pengobatan ini dilakukan tanpa melibatkan obat-obatan di dalamnya. Pada pengobatan ini, Kamu perlu mengontrol pola makan, seperti mengurangi makan daging-dagingan, jeroan, minuman bersoda, dan alkohol serta dianjurkan mengonsumsi banyak produk olahan susu rendah lemak dan sayur-sayuran. Mengatur kembali pola hidup Kamu harus dilakukan pula dengan olahraga dan mengurangi rokok serta memperbanyak konsumsi air mineral.

  • Secara farmakologi

Pengobatan farmakologi dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat golongan NSAID, kolkisin, dan kortikosteroid ketika serangan asam urat datang. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk mengurangi ataupun menghilangkan rasa nyeri serangan akut dari asam urat dan mencegah berulangnya kembali penyakit ini, serta mencegah terjadinya komplikasi. Ada obat lain yang dapat digunakan untuk mencegah serangan asam urat seperti allopurinol. Obat ini akan membantu tubuh untuk mengurangi kadar asam urat dengan cara menghambat enzim yang bertugas untuk membentuk asam urat. Obat lainnya adalah probenecid. Obat ini akan menurunkan kadar asam urat dengan cara meningkatkan kemampuan ginjal agar membuangnya melalui urine atau keringat. Dalam hal ini, mulailah dari sekarang Kamu perlu lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi makanan. Kamu juga harus mengubah kebiasaan pola hidup menjadi lebih sehat agar penyakit asam urat tidak menyerang. Yuk, segera terapkan hidup sehat!