Apakah Anda boleh berhubungan intim dengan pasangan ketika tengah haid? Jika diberi pertanyaan seperti itu, mungkin Anda menjadi bingung alasan untuk memperbolehkan atau melarang diri bercinta saat haid. We would like to help you, Ladies! Jangan khawatir lagi ketika suami mengajak Anda untuk berhubungan di kala Anda berada dalam kondisi tidak nyaman karena datang bulan.

Aman Jika Anda Merasa Nyaman

Tara Ford, seorang dokter dari Medical Center for Female Sexuality di New York mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada hal yang harus dikhawatirkan ketika Anda tengah mengalami haid dan mencoba untuk melakukan hubungan dengan pasangan, selama dilakukan sesuai dengan aman dan benar. Yang terpenting adalah kenyamanan Anda sebagai wanita, apakah merasa lebih senang atau justru tidak mengenakan jika harus berhubungan dengan suami ketika menstruasi. Semuanya kembali kepada pilihan Anda berdua, mengingat ada juga beberapa pasangan yang justru menjauhi pengalaman bercinta saat sang wanita tengah haid karena ketidaknyamanan dari darah yang keluar. Ada juga anggapan lain yang menjelaskan jika wanita yang merasa tidak terganggu ketika berhubungan karena saat mendapatkan haid dirinya merasa lebih mudah bergairah dan sensitif. Terlebih jika hubungan seksual dilakukan pada saat hari ketiga atau keempat masa menstruasi, di mana hormon estrogen dan testosteron akan cenderung meningkat drastis. Saat mengalami menstruasi, wanita juga akan cenderung mengalami lubrikasi yang berujung pada peningkatan gairah selama bercinta. Kabar baiknya lagi, penelitian lain menunjukkan jika orgasme pada saat Anda mengeluarkan darah kotor akibat haid akan mengurangi rasa kram dan sakit pada bagian perut secara perlahan-lahan. Hal ini didukung pula dengan pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasakan kebahagiaan dan kesenangan lebih sehingga bisa terhindar dari depresi atau perasaan negatif selama minggu haid berlangsung.

Baca Juga : Awas! Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Intim

Kemungkinan Hamil

Bagaimana dengan kehamilan? Apakah bercinta saat sedang menstruasi dapat menyebabkan kehamilan? Pada umumnya, jika Anda melakukan seks tanpa pengaman sekalipun saat menstruasi datang, kemungkinan untuk hamil dapat terjadi. Anda yang melakukan hubungan di akhir masa menstruasi pun memiliki peluang untuk hamil. Bahkan beberapa di antara wanita ada yang memiliki jadwal haid dan masa kesuburan yang tumpang tindih. Sehingga bisa saja Anda ternyata tengah mengalami tahap awal ovulasi atau masa subur ketika Anda mengeluarkan darah haid. Dalam kondisi tersebut, kehamilan sangat mungkin terjadi.

Tetap Berhati-hati!

Bukan berarti berhubungan saat Anda menstruasi tidak dapat meninggalkan risiko tertentu. Jika dilakukan dengan tidak hati-hati dan Anda kurang merasa nyaman, beberapa gangguan dapat terjadi walaupun kemungkinannya kecil. Dalam keadaan ini, wanita akan lebih berisiko terkena infeksi dan penyakit dibandingkan pria. Saat melakukan seks di masa menstruasi, kondisi leher rahim yang terbuka akan memicu kemungkinan darah kotor yang berisi bakteri masuk ke dalam hingga sampai pada rongga panggul Anda. Penyakit seperti HIV dan hepatitis juga dapat6 dengan mudah tertular dari pasangan karena banyaknya cairan tubuh, yang dalam konteks ini adalah darah, yang bisa membawa virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Infeksi jamur juga dapat terjadi mengingat kadar Ph dalam vagina wanita lebih rendah dibandingkan saat tidak mengalami mestruasi. Akibatnya tingkat keasaman dalam rongga rahim juga berkurang sehingga kotoran yang masuk tidak dapat dibunuh. Beberapa ahli juga menyarankan jika hubungan seksual saat menstruasi sebaiknya tidak dilakukan pada saat yang bersamaan. Mengapa? Pada saat haid, pembuluh darah akan terbuka dan ketika penetrasi terjadi, kemungkinan untuk masuknya gelembung udara pada bagian pembuluh darah menjadi tinggi. Jika sudah terjadi, akibatnya bisa berujung pada timbulnya emboli yang dapat menyumbat pembuluh darah sekitar jantung sewaktu-waktu. Jika dilakukan dengan tidak berhati-hati, bukannya semakin bergairah Anda justru dapat merasakan rasa sakit yang berlebihan. Sistem reproduksi yang tengah berada dalam kondisi lemah dapat menyebabkan kram di dalam vagina sehingga dapat timbul sakit dan nyeri yang berkelanjutan.

Inilah Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Bercinta Saat Haid

Berikut adalah beberapa saran jika Anda tetap ingin melakukan hubungan saat tengah melalui periode haid:
  1. Taruhlah alas seperti handuk atau kain untuk mencegah darah keluar dan mengotori tempat tidur.
  2. Jangan melakukan hubungan ketika darah tengah mengalir deras. Hindarilah bercinta pada hari pertama atau kedua periode menstruasi.
  3. Jika salah satu dari pasangan sudah merasa tidak nyaman atau jijik, segera berhentikan.
  4. Anda juga bisa melakukan kegiatan lain selain berhubungan intim, seperti mandi bersama atau melakukan pijatan bersama pasangan.
Kembali ke keputusan dan pilihan Anda, Ladies! Selama melakukan hubungan, tetap waspadalah dan komunikasikan hal-hal yang mengganggu pikiran dan membuat Anda tidak nyaman bersama pasangan Anda. Stay safe!

Baca Juga Artikel Lainnya: