Bagi Anda yang aktif menggunakan media sosial Instagram pasti sudah akrab dengan nama Andien Aisyah. Ya, penyanyi jazz yang kini menjadi istri dari Irfan Wahyudi atau yang akrab disapa Ippe ini, beberapa minggu lalu telah melahirkan anak laki-laki pertamanya yang diberi nama Anaku Askara Biru. Meskipun sudah melahirkan, namun kali ini kita akan membahas kembali ketika Andien menjalani masa kehamilan. Ada yang unik sekaligus menarik dari masa kehamilan Andien. Jika Anda mengikuti keseluruhan postingan Instagram @andienaisyah ketika hamil, Anda akan menemukan sebuah foto yang menampakkan dirinya sedang memperlihatkan perut buncitnya. Uniknya pada foto tersebut, perut buncit Andien terdapat gambar lukisan karakter kartun yang lucu seperti Totoro dan Gudatema, maskot telur yang sudah sangat populer. Apa gambar tersebut tidak berbahaya bagi janin ya? Nah untuk menjawab keingintahuan Anda, berikut ada penjelasannya.

 

belly painting

Apa itu Belly Painting?

Seni melukis pada perut ibu hamil ini dinamakan dengan belly painting. Saat ini, tradisi ini sudah populer sebagai bentuk ekspresi ibu untuk merayakan kehamilannya. Beberapa selebiriti dunia seperti Mariah Carey dan Hillary Duff pun pernah melakukannya. Belly painting selain bisa menjadi dokumentasi pengalaman indah ketika hamil, ternyata juga bermanfaat bagi ibu karena memberikan efek relaksasi.

Manfaat Belly Painting

Manfaat lainnya adalah bisa menjadi seni berkomukasi ibu dengan janin. Biasanya selama proses melukis, pelukis akan menjelaskan kepada ibu tentang posisi janin. Dengan mengetahui posisi janin dan tanda-tanda yang mungkin ditunjukkan janin dalam perut, akan membuat ibu menjadi lebih sadar untuk mempersiapkan diri secara fisik, mental, dan spiritual untuk proses persalinan.

Coba Belly Painting, Kenapa Tidak?

Idealnya dapat dilakukan pada usia kehamilan sudah mencapai sekitar 6 hingga 8 bulan. Karena semakin buncit perut ibu, maka akan semakin unik dan indah lukisan belly painting-nya. Proses pengerjaan juga tidak memakan waktu yang lama, umumnya hanya 2-3 jam saja. Oh ya, Anda juga tidak perlu khawatir dengan cat yang digunakan untuk belly painting, karena biasanya aman bagi kulit dan janin serta mudah dihapus. Nah ternyata selain indah dipandang, belly painting juga bermanfaat ya bagi ibu yang sedang hamil. Jadi apakah Anda tertarik juga untuk mengikuti tren ini?