Salah satu permasalahan yang sering dijumpai oleh ibu hamil adalah wajah yang menjadi kusam. Terkadang, hal ini yang membuat Anda sering merasa jengkel dengan wajah Anda saat sedang bercermin. Sebenarnya kondisi kulit yang menjadi kering dan kusam, normal terjadi pada masa kehamilan lantaran perubahan hormon pada tubuh. Untuk itu, rajin menggunakan masker menjadi solusi yang tepat untuk atasi wajah kusam. Sudah banyak produk masker kecantikan yang dijual dipasaran yang aman bagi ibu hamil. Namun, memanfaatkan buah alami tentu jauh lebih baik daripada produk kecantikan olahan. Buah yang dikenal mengandung banyak manfaat untuk dikonsumsi ternyata juga berkasiat untuk menjaga kelembapan kulit wajah Anda. Beriku beberapa buah pilihan yang mudah ditemui dan berkasiat untuk mengatasi kulit wajah Anda yang kusam.

Atasi Wajah Kusam dengan Buah Pisang

Selain rasanya yang nikmat untuk dikonsumsi, kandungan vitamin A, B, dan E pada pisang dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, kandungan tersebut dapat menjaga kelembaban pada kulit wajah Anda. Cara membuatnya sangat mudah. Haluskan pisang lalu aplikasikan ke wajah dan leher Anda selama 15-20 menit. Setelah itu basuh wajah Anda dengan air biasa. Jika berjerawat bisa tambahkan madu di dalamnya.

Pepaya

Pepaya mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan kulit. Selain itu kandungan papain dalam pepaya dapat berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan dapat membuat kulit semakin cerah. Cara untuk membuat masker pepaya adalah dengan menghaluskan buah pepaya dan kemudian aplikasikan pada kulit dan wajah. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan.

Mangga

Dibalik kesegrannya, mangga mengandung vitamin A dan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah penuaan kulit. Tidak hanya itu, mangga dapat mengencangkan kulit dan mencegah regenerasi kulit Anda. Sama seperti masker lainnya, Anda bisa aplikasikan ke wajah dan leher Anda setelah dihaluskan terlebih dahulu.

Alpukat

Selain tiga buah di atas, buah alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit wajah yang kering dan kusam. Buah dengan daging yang lembut ini memang terkenal kaya akan nutrisi. Kandungan biotin atau vitamin B7 pada buah alpukat dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga dapat membuat wajah menjadi lebih cerah. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E dan asam lemak yang dapat membantu kulit memproduksi pelembap alami yang menciptakan efek bercaya yang alami.

Lemon

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika lemon sangat bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Bahkan, berbagai produk kecantikan menjadikan lemon sebagai bahan dasar yang terkandung di dalamnya. Selain untuk mencerahkan kulit wajah, lemon juga dipercaya mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat. Tak hanya itu, buah ini juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat untuk mengatasi komedo. Selain menggunakan masker alami untuk mengatasi wajah kusam saat hamil, Anda juga perlu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Makanan juga bisa menjadi faktor utama yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam. Sebaiknya, kurangi makanan berlemak dan banyak mengandung minyak. Selain untuk menjaga kesehatan kulit, Anda juga bisa menjaga kesehatan janin dalam kandungan Anda.