Malam takbiran Lebaran tahun ini bagi penggemar olahraga sejuta umat, sepakbola, terasa istimewa. Di waktu yang sama digelar kick off perhelatan Piala Dunia sepakbola yang digelar di Rusia, pada 14 Juni hingga 15 Juli. Selama sebulan penuh, sebanyak 32 negara akan unjuk gigi dalam perhelatan akbar olahraga terbesar di planet ini. Momen Piala Dunia juga menjadi salah satu yang paling ditunggu oleh pencinta olahraga di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Karena jarak yang sangat jauh, masyarakat Indonesia akan dapat menikmati jadwal pertandingan pada waktu malam dan dini hari.

 

Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap aktivitas harian para pencinta sepak bola. Acara begadang pasti ditambahkan pada jadwal harian Kamu. Akibatnya, tidak sedikit dari Kamu yang mungkin akan mengalami perubahan kesehatan fisik bila tidak diperhatikan dengan baik. Untuk mencegah agar Kamu tidak mengalami sakit saat menikmati pertandingan Piala Dunia, berikut beberapa tips sehat yang dapat Kamu terapkan selama Piala Dunia berlangsung.

 

1. Tidur lebih awal

Saat memutuskan untuk mulai menonton pertandingan sepakbola di malam hari, Kamu harusnya sudah mulai tidur lebih awal. Ini penting, agar waktu tidur malam tidak banyak terbuang. Sehingga Kamu juga akan tetap merasa fit setelah bangun tidur kembali untuk memulai aktivitas harian Kamu.

 

2. Tonton saat pertandingan dimulai

Kamu dapat melihat jadwal pertandingan sepakbola di televisi melalui internet, dan mengatur alarm tepat jam pertandingan dimulai. Ini lebih efektif daripada Kamu harus menunggu hingga larut malam dengan begadang.

 

3. Rilekskan organ mata

Usahakan untuk mengedipkan mata lebih sering saat menonton siaran sepakbola di malam hari. Ini sangat penting untuk kesehatan organ mata, karena menonton sepakbola akan memaksa organ mata untuk fokus di depan televisi dalam rentang waktu lama.

 

4. Memilih pertandingan

Pilih pertandingan sepakbola yang Kamu suka atau penting saja. Lainnya, Kamu bisa menonton highlights melalui situs berbagi video, atau saat berita olahraga di televisi ditayangkan. Ini bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh Kamu agar tidak terlalu diforsir hanya untuk menyaksikan pertandingan.

 

6. Siapkan air putih dan madu

Stamina ketika begadang tentu saja sangat menguras energi Kamu, sedangkan cadangan energi dalam tubuh semakin menipis. Oleh karenanya minum air putih dan madu sangat membantu menjaga stamina saat begadang. Siapkan sebelum acara dimulai. Kamu juga bisa menggantinya dengan wedang jahe agar badan terasa lebih hangat saat melakukan aktivitas malam hari.

 

 

7. Konsumsi buah-buahan

Meski mengemil tengah malam tidak disarankan, pada momen khusus ini Kamu justru membutuhkan asupan nutrisi yang baik sebagai energi agar bisa terus terjaga selama pertandingan bola berlangsung. Hindari goreng-gorengan dan makanan tinggi lemak lainnya, agar Kamu tidak menimbun lemak dan kolesterol selama Piala Dunia, yang tentunya dapat berisiko penyakit jantung, stroke, dan obesitas. Sebagai gantinya, Kamu dapat mengemil buah-buahan. Buah kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang dapat digunakan untuk menyembuhkan dan menyehatkan tubuh. Buah juga kaya akan air, sehingga Kamu tidak akan merasa dehidrasi saat bangun tidur.

 

8. Hindari angin malam secara langsung

Berniat nobar atau nonton bareng? Jika lokasi nobar di udara terbuka, waspada angin malam. Angin malam dapat memberikan dampak yang kurang baik, karenanya gunakan jaket atau baju hangat jika kondisi badan Kamu kurang fit, jangan memaksakan diri ketika begadang dengan baju tipis, hal ini bisa mengakibatkan Kamu terserang penyakit.

 

9. Lakukan relaksasi atau senam ringan

Lakukan gerakan senam ringan. Gerakan-gerakan ringan ini tentunya akan memberikan relaksasi tersendiri bagi tubuh Kamu. Terlalu serius dengan kegiatan Kamu saat begadang akan mengakibatkan urat-urat saraf tegang. Lakukanlah olah raga ringan seperti menggerakkan kepala, pergelangan tangan, atau kaki untuk membuat Kamu lebih rileks.

 

Dampak buruk dari bergadang adalah kelelahan pada tubuh (fatigue). Kelelahan disebabkan oleh terkurasnya fisik dan mental untuk bekerja melewati kemampuan pada normalnya. Untuk itu, jaga selalu kesehatan Kamu. Jangan memaksakan diri untuk menonton semua pertandingan Piala Dunia. Dan, bila fisik Kamu sudah tidak memungkinkan, matikan televisi, lalu tidur kembali. (WK/AY)