Gejala diabetes yang khas, seperti selalu haus, sering buang air kencing, dan rasa kebas di tangan atau kaki, mungkin sudah banyak diketahui. Namun, sebenarnya ada gejala diabetes lainnya yang kurang umum diketahui untuk diabetes tipe 2. Karena tidak biasa, maka penderitanya kadang tidak menyadari ia menderita diabetes. 

 

Mengetahui semua gejala diabetes, baik yang umum maupun yang tersembunyi, dapat membantu diabetes dideteksi sejak awal. Jadi, penderita dapat segera melakukan pengobatan. Berikut ini 9 gejala diabetes yang sering tidak disadari:

 

1. Perubahan warna kulit

Jika ditemukan bercak berwarna gelap dan sedikit tebal seperti daki, biasanya paling sering di lipatan leher bagian belakang, buku-buku jari, dan siku, ini adalah peringatan dini bahwa gula darah Kamu mungkin terlalu tinggi. Orang yang mengalami gejala ini akan datang ke dokter kulit. Di sinilah ia bisa didiagnosis menderita diabetes.

 

Bagi dokter kulit yang teliti, hal pertama yang ia lakukan ketika menemukan pasien dengan gejala yang disebut acanthosis nigrican ini adalah menguji gula darahnya. Mengapa bisa terjadi bercak hitam di kulit? Kadar insulin yang tinggi mendorong pertumbuhan sel-sel kulit dan melanin atau sel pembentuk pigmen di kulit berubah menjadi lebih gelap. Inilah yang menyebabkan timbulnya bercak kehitaman di lipatan kulit.

 

2. Pandangan bertambah tajam

Selama ini, orang hanya mengaitkan diabetes dengan pandangan kabur atau buram. Padahal, kondisi yang sebenarnya bisa sebaliknya. Jika Kamu menderita diabetes, bisa jadi penglihatan menjadi lebih tajam, sehingga Kamu tidak lagi menggunakan kacamata.

 

Hal ini disebabkan diabetes akan menarik cairan di tubuh termasuk di mata, sehingga memengaruhi penglihatan. Namun ketika sudah terdeteksi diabetes dan mulai rutin berobat, bisa jadi penderita diabetes akan kembali membutuhkan kacamata.


 

3. Gatal-gatal yang sulit hilang

Beberapa pasien diabetes yang baru didiagnosis mengaku mengalami gatal-gatal pada organ gerak, seperti kulit tangan, kaki, dan telapak kaki. Penyebab gatal umumnya tidak diketahui dengan jelas. Jika Kamu mengalaminya dan sudah menggunakan berbagai pelembap tetapi rasa gatal tidak berhenti, cobalah cek gula darah ke dokter. Diabetes berdampak pada sirkulasi darah, yang dapat menyebabkan kulit kering dan gatal.

 

4. Gangguan pendengaran mendadak

Gangguan pendengaran biasa ditemui pada orang usia lanjut. Namun jika terjadi di usia relatif muda dan tidak ada cedera apapun sebelumnya, bisa jadi merupakan tanda awal diabetes dan harus dipastikan lagi ke dokter. 

 

Diyakini bahwa diabetes dapat menyebabkan saraf di telinga bagian dalam rusak dan menyebabkan gangguan pendengaran. Penelitian dari National Institute of Health menunjukkan bahwa 30% penderita diabetes mengalami gangguan pendengaran akibat kadar gula darah yang tinggi.

 

5. Mendengkur

Alasan di balik gejala ini masih belum diketahui. Namun, diduga ada hubungan kuat antara gangguan hormon stres yang dilepaskan saat tidur, yang menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Diperkirakan setengah dari penderita diabetes tipe 2 mengalami gangguan pernapasan saat tidur.

 

Penelitian baru-baru ini di Kanada menunjukkan bahwa 23% pasien yang didiagnosis dengan sleep apnea obstruktif ringan sampai sedang ternyata didiagnosis menderita diabetes 5 tahun kemudian.



6. Nyeri atau mati rasa di kaki

Mengalami mati rasa di kaki atau serasa kehilangan kekuatan di kaki juga bisa menjadi tanda peringatan diabetes. Karena telapak kaki letaknya paling jauh dari jantung, maka ketika mengalami masalah, kerap tidak terdeteksi dan paling sulit disembuhkan.



7. Kelelahan yang ekstrem

Kelelahan tanpa sebab adalah salah satu gejala diabetes yang paling umum, tetapi kerap diabaikan. Kenaikan gula darah bisa membuat Kamu merasa lesu dan lemas, karena sel tidak mendapatkan energi.

 

8. Mudah terkena infeksi

Orang dengan diabetes tipe 2 lebih rentan terhadap infeksi jamur, karena jumlah gula berlebihan di tubuh mereka. Infeksi jamur dapat tumbuh di vagina, sehingga menyebabkan kandidiasis atau berupa infeksi bakteri di saluran kemih.

 

Sekarang Kamu mesti waspada jika mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas. Ketika dunia tengah bergelut dengan meningkatnya penderita diabetes, penting untuk melakukan tindakan pencegahan dan mengenali gejala diabetes sejak dini. Segera lakukan tindak pencegahan agar terhindar dari komplikasi. (AY/AS)

 

Kiat Minum Kopi untuk Penderita Diabetes - guesehat