Di usia yang ke 9 bulan ini anak saya mulai tumbuh gigi nya! Memang biasanya anak mulai tumbuh gigi dari usia 7 bulan. Tidak usah khawatir jika anaknya belum tumbuh gigi juga hingga ia berusia satu tahun. Karena semua itu tergantung dengan pertumbuhan masing-masing anak yang pastinya selalu berbeda. Nah, tumbuhnya gigi ini juga perlu diperhatikan karena perawatannya pun menjadi bertambah. Perawatan yang salah bisa mengakibatkan pertumbuhan gigi yang tidak optimal. Nah, kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana tips merawat gigi bayi yang baru saja tumbuh!

1. Jangan berikan jus ataupun susu didalam botol

Ketika kita memberikan just atau susu didalam botol, maka ada kemungkinan si anak akan tertidur dengan sisa jus dan susu masih berada didalam mulutnya. Ketika hal itu terjadi, ada kemungkinan si anak akan terpapar oleh gula yang berada didalam kandungan jus atau susu tersebut. Nah, gula ini bisa mengakibatkan karies yang bisa membuat gigi si anak nantinya menjadi cepat berlubang. Jika ingin memberikan jus atau susu, lebih baik melakukannya dengan menaruhnya didalam gelas sehingga anak bisa meminumnya langsung dari gelas ataupun menggunakan sedotan.

2. Berikan air putih setelah makan

Setelah makan, biasakan untuk memberikan air putih sehingga sisa makanan yang mungkin ada didalam mulut bisa hilang. Sisa makanan yang berada di sela-sela gigi ini jika dibiarkan nantinya bisa mengundang bakteri dan ujung-ujungnya bisa mengakibatkan adanya gigi berlubang.

3. Kenalkanlah dengan sikat gigi

Pengenalan dengan sikat gigi bukanlah untuk membersihkan gigi si anak. Karena ketika gigi baru tumbuh sebenarnya bisa dibersihkan dengan kain kasa yang dibasahi dengan air. Tetapi pengenalan dengan sikat gigi sebenarnya adalah untuk mengenalkan anak dengan kebiasaan menyikat gigi. Belikanlah ia sikat gigi yang memang untuk bayi untuk ia pegang. Lalu contohkan bagaimana cara menyikat gigi. Dengan begini, si kecil lama-lama akan mengerti bahwa gigi perlu dibersihkan dengan sikat gigi.

4. Berikan teether sebagai tips merawat gigi bayi

Gigi yang baru tumbuh biasanya terasa gatal. Nah, salah satu cara untuk meredakan kegatalan tersebut adalah dengan memberikan teether yang bisa ia gunakan untuk mengigit-gigit. Salah satu tips yang sering saya dapatkan adalah untuk meletakkan teether tersebut didalam freezer sehingga teether tersebut akan menjadi beku. Sensasi dingin yang akan didapatkan si kecil ketika menggigit teether tersebut akan membantu untuk meredam gatal yang si kecil rasakan. Selain itu, teether juga bisa merangsang pertumbuhan gigi lainnya. Selain teether yang ada di pasaran, anda juga bisa membuat teether sendiri lho! Cara membuatnya pun mudah! Tinggal membuat popsicle dari smoothies buah-buahan. Selain membuat gigi yang sedang tumbuh menjadi lebih nyaman, teether homemade ini pun lebih sehat. Jadi tunggu apa lagi? Yuk langsung beli teether untuk si kecil!

5. Mulailah datang ke dokter gigi

Datang ke dokter gigi? Untuk apa? Hal tersebut mungkin yang ada dipikiran anda ketika membaca tips merawat gigi bayi dari saya berikut ini. Datang ke dokter gigi bukan hanya penting dilakukan ketika ada masalah lho! Tapi juga untuk mengenalkan anak ke dokter gigi yang biasanya ditakuti oleh anak-anak kecil dan juga untuk bertanya lebih dalam lagi ke dokter jika ada yang dikhawatirkan. Kebetulan salah satu teman saya adalah dokter gigi yang mengambil kursus spesialis gigi anak di New York, ia bilang biasanya bayi disana sudah dibawa ke dokter gigi untuk pengenalan ketika gigi nya mulai tumbuh. Hal ini lah yang menimbulkan cikal bakal tumbuhnya tradisi tdak takut bertemu dokter gigi dan akhirnya si anak pun memiliki gigi yang baik. Sayangnya, di Indonesia tampaknya budaya ini belum begitu terlaksana. Tentunya selain 5 tips merawat gigi bayi di atas, masih ada banyak lagi tips umum lainnya seperti tidak memberikan makanan manis kepada anak ataupun untuk menjaga gigi anak dari benturan yang bisa mengakibatkan trauma pada giginya. Nah, kira-kira ada lagi nggak tips merawat gigi bayi yang perlu saya ketahui? Share yuk!