“Pada hari minggu ku turut ayah ke.. woeek”. Yah, sayang sekali kalau perjalanan yang seharusnya menyenangkan buat si kecil berakhir menjadi pengalaman pahit akibat mabuk perjalanan. Apakah kejadian ini bisa dicegah? Apakah si kecil akan terus muntah tiap kali di mobil? Yuk, ikuti tips perjalanan anti mual untuk anak agar mencegah anak mual!

Fokus

Mabuk perjalanan terjadi akibat ketidakcocokan informasi antara telinga dan mata. Telinga yang berperan sebagai pusat keseimbangan menganggap tubuh sedang bergerak, sementara bila mata si kecil melihat obyek di dalam mobil, maka mata akan melihat bahwa tubuh tidak bergerak. Dudukkan si kecil di di bangku depan agar ia bisa  duduk tegap, dan suruhlah melihat pada jarak pandang yang jauh agar fokus mata nya tetap pada satu titik untuk mencegah anak mual.

Jangan Beri Makan Terlalu Banyak

Apabila perjalanan Anda hanya sebentar, jangan berikan makanan apapun sampai tiba di tujuan. Tapi jika perjalanan Anda jauh, berikan makanan yang bersifat lunak,  tidak mengandung banyak serat, tidak terlalu berbumbu, dan matang atau dimasak seperti crackers agar anak tidak mual.

Hilangkan Bau Mobil

Bau yang menyengat seperti bau mobil yang lama tidak dipakai, atau parfum yang Anda kenakan dapat memicu si kecil untuk merasa mual dan mabuk. Agar anak tidak mual, bukalah seluruh pintu mobil beberapa saat sebelum pergi atau membuka jendela pada saat awal perjalanan. Hindari juga pemakaian parfum atau ganti parfum mobil Anda dengan baby cologne yang beraroma lembut.

Setel Lagu yang Ia Suka

Mendengarkan musik dapat membuat si kecil lupa akan rasa mual atau pusing yang ia alami. Setel lagu kesukaannya agar ia tidak mual diperjalanan. Cara lain mencegah mabuk perjalanan untuk anak adalah dengan mengajak ngobrol dengan santai agar pikirannya tetap terdistraksi.

Berikan Obat Anti Mabuk

Anda dapat menanyakan pada dokter atau apoteker tentang obat yang aman bagi si kecil. Biasanya obat yang sering digunakan adalah yang mengandung dimenhidrinat karena dapat diberikan untuk anak di atas 2 tahun. Gunakan obat ini untuk mencegah si kecil dari rasa mual. Ternyata ada banyak cara untuk mencegah anak mual. Dengan menyetel lagu, menghilangkan bau yang kurang sedap, dan tidak memberikan si kecil terlalu banyak makan, Anda dapat mencegah mabuk perjalanan untuk anak. Gunakan tips perjalanan anti mual untuk anak agar sang buah hati merasa nyama sampai tujuan.