Apakah Anda telat datang bulan? Apakah Anda mengalami morning sickness berupa kebiasaan merasa eneg dan ingin muntah tiap paginya? Jangan-jangan Anda hamil! Jika Tetap tidak pasti? Berbagai merk Strip test sudah tersedia di apotek dan hasilnya pun akurat. Namun apakah sudah saatnya untuk mengecek? Beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang dapat Anda amati sendiri berikut ini dapat memperkuat Anda untuk segera membeli Strip Test.

1. Bercak Darah

Bercak darah sering muncul saat-saat menjelang menstruasi, sehingga sering di salah artikan padahal bermakna kehamilan. Peristiwa yang terjadi baik saat telur luruh atau dibuahi ini, disebut juga implantation bleeding dan terjadi kurang lebih 6 hingga 12 hari setelah pembuahan. Disamping bercak darah, muncul pula semacam cairan kental putih yang disebabkan oleh pertumbuhan pesat dari sel di dinding vagina. Cairan ini tidak berbahaya dan tidak perlu diobati, namun jika terdapat bau tidak enak disertai gatal, maka hal ini bisa berarti adanya infeksi.

2. Perubahan pada payudara

Hal ini juga sering terjadi pada awal menstruasi serta kehamilan, dan disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang membuat payudara jadi terasa lebih besar, nyeri, dan sensitif. Selain ukuran secara keseluruhan, bagian puting yang disebut areola juga akan berwarna lebih gelap dari biasanya.

3. Kelelahan

Lonjakan hormon progesteron pada awal masa kehamilan ternyata dapat membuat tubuh merasa lebih lelah dari biasanya. Kelelahan secara berkala tanpa penyebab yang jelas merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Coba perbaiki pola makan dengan asupan protein, dan zat besi yang cukup untuk membantu mengatasinya.

4. Mual/ Morning Sickness

Morning sickness adalah tanda-tanda awal kehamilan yang paling jelas. Tidak seperti mual lainnya, morning sickness terjadi pada pagi hari dan dapat dirangsang bahkan oleh makanan favorit Anda. Memang hal ini merupakan gejala paling umum dari seorang wanita yang sedang mengandung, tapi ingat tidak semua mengalaminya!

5. Perubahan kecil akibat perubahan hormon

Hal utama yang terjadi pada tubuh saat tanda-tanda awal kehamilan, adalah perubahan hormon. Dan ada banyak hal yang bisa dipengaruhi oleh hormon, seperti:

  • Pergi ke toilet lebih sering untuk pipis. Sering kebelakang terjadi pada minggu ke-6 atau ke-8. Meskipun terkadang disebabkan karena infeksi saluran kemih, atau diabetes, namun biasanya memang karena level horon yang berubah.
  • Konstipasi, akibat progesteron yang membuat pergerakan makanan dalam usus menjadi lebih lambat. Minum banyak air mineral, olahraga, dan makan makanan yang mengandung banyak serat.
  • Perubahan Mood. Terutama terjadi pada trimester pertama, karena berhubungan juga dengan perubahan hormon.
  • Sakit Kepala dan Sakit Punggung.
  • Pusing. Yang terjadi akibat pembuluh darah di otak yang melebar, tekanan darah yang menurun dan gula darah yang rendah.

Ada banyak tanda-tanda awal kehamilan, seperti morning sickness, keingingan untuk kencing lebih sering, dan perubahan mood. Perubahan-perubahan tersebut tidak dialami oleh semua wanita pada awal kehamilan, dan ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan gejala demikian seperti penyakit diabetes, hipertensi, atau hipotensi dan lainnya. Tentu saja cek dengan strip test akan lebih akurat untuk membuktikannya.