Saat sakit kepala tiba-tiba menyerang, terlebih sakit kepala sebelah tentu akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Bahkan, bagi beberapa orang yang tidak dapat menahan rasa sakit harus mengistirahatkan tubuhnya untuk meringankan sakit kepala yang di alami. Penyebab sakit kepala bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Bagi wanita, siklus menstruasi bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala yang muncul.

Sakit Kepala Saat Haid Pada Wanita

Pada beberapa kasus sakit kepala sebelah atau migrain bisa terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Tidak heran karena sedang menahan rasa sakit yang ditimbulkan oleh migrain ini membuat wanita lebih memilih untuk mengurung diri di kamar untuk beristirahat. Selain itu, perubahaan mood  dan emosi juga bisa tidak menentu karena kondisi ini. Nah, rasa nyeri pada kepala yang ditimbulkan karena menstruasi ini disebut  dengan migrain menstrual. Hormon estrogen memiliki pengaruh besar yang bisa menjadi penyebab rasa sakit kepala saat menstruasi karena memiliki fungsi untuk mengaktifkan bagian otak. Maka semakin rendah estrogen, semakin sedikit pula sumber daya otak dalam meredakan rasa nyeri tersebut. Migrain menstrual ini akan dialami pada wanita baik sebelum maupun saat mengalami menstruasi dan akan dialami sekitar satu hingga dua hari lamanya. Apabila siklus menstruasi Anda berjalan dengan teratur maka ada beberapa orang yang memilih meredakannya dengan mengonsumsi minuman pereda rasa nyeri. Namun, jika Anda masih sering merasakan sakit kepala saat menstruasi, coba untuk mencari penyebab sakit kepala yang dialami agar dapat mencegahnya. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sakit kepala saat haid:

Makan Tidak Seimbang

Jangan pernah biarkan perut Anda kosong karena kadar glukosa darah bisa menjadi  rendah.  Kurangnya kadar glukosa dalam darah bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala ketika Anda sedang menstruasi. Anda juga perlu mengurangi konsumsi makanan atau minuman manis terlalu banyak karena akan memicu penurunan jumlah gula darah dalam tubuh dan penurunan ini akan menyebabkan sakit kepala sebelah.

Kurang Minum Air Putih

Anda harus bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh setiap hari. Ketika tubuh mengalami hidrasi maka dapat memicu munculnya sakit kepala pada diri Anda. Terlebih ketika sedang menstruasi dimana tubuh sedang membutuhkan kadar air yang lebih banyak dari biasanya.

Waktu Tidur yang Kurang

Untuk waktu tidur Anda jangan berlebihan ataupun kekurangan karena hal ini juga dapat menjadi penyebab sakit kepala saat menstruasi. Tetapkan jam yang seimbang untuk Anda bisa beristirahat sehingga kinerja tubuh pun tetap seimbang.

Makanan Pemicu Sakit Kepala

Pada saat Anda sudah mendekati masa menstruasi atau sedang mengalami menstruasi sebaiknya hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit kepala, seperti makanan yang diawetkan, rasa manis atau asin yang berlebihan, dan juga minuman yang beralkohol dan bersoda.

Kurang Olahraga

Jika Anda kurang beraktivitas dan berolah raga maka bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sakit kepala ketika menstruasi. Rutin olahraga tidak harus dengan melakukan gerakan yang berat atau harus dengan benda-benda pendukung karena Anda dapat melakukan beberapa teknik olahraga ringan yang dapat meredakan rasa nyeri. Sakit kepala ketika menstruasi ini dialami oleh sekitar 60% wanita dan biasanya terjadi satu atau dua hari sebelum siklus menstruasi pada hari pertama hingga kelima selama siklus. Hal ini sebenarnya bukan menjadi masalah yang serius jika masih dapat ditangani secara mandiri. Namun apabila sudah terasa sangat sakit selama beberapa hari dan membuat tubuh lemas maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebaiknya, sebelum Anda mengalami sakit kepala saat menstruasi, Anda sudah melakukan tindakan pencegahan dengan menghindari penyebab sakit kepala. Lakukanlah pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan lakukan olahraga ringan karena mencegah lebih baik daripada mengobati.