Berhubungan seksual ternyata tidak selalu terasa nikmat untuk dilakukan. Beberapa wanita ternyata sering mengeluhkan rasa sakit saat berhubungan. Biasanya, hal ini akan dikaitkan dengan wanita yang belum siap melakukan 'hidangan utama' bersama pasangan. Bahkan, menurut riset tiga dari empat wanita pernah mengalami sakit saat berhubungan seksual. Rasa sakit bisa terjadi pada siapa saja, tidak hanya pada wanita yang baru berhubungan pertama kali. Rasa sakit saat berhubungan seksual ini, tanpa disadari bisa timbul karena beberapa kondisi seperti berikut:

Stres

Jika hanya mengalami stres sebenarnya tidak akan menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seksual. Namun, kondisi ini biasanya akan memengaruhi rangsangan yang diterima. Hal itulah yang akhirnya bisa mengurangi lubrikasi (cairan tubuh yang muncul dalam vagina ketika terangsang secara seksual) dan rileksasi otot pada saat bercinta.

Perubahan hormon

Setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause seiring bertambahnya usia. Kondisi ini biasanya akan mengubah produksi hormon yang menunjang dorongan seks seorang wanita. Penurunan hormon ini kemudian akan membuat lubrikasi berkurang, sehingga ketika bercinta pun akan terasa sakit.

Infeksi bakteri

Masa menopause menjadi masa yang cukup memengaruhi kondisi seksual seorang wanita. Anda perlu memerhatikan kebersihan vagina dan perubahan hormonal yang terjadi karena bisa menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Infeksi yang terjadi ini bisa menbuat rasa tidak nyaman serta iritasi saat berhubungan seks. Untuk itu, Anda perlu lebih memerhatikan kebersihan organ intim Anda.

Emosional

Faktor emosional juga bisa memengaruhi timbulnya rasa sakit saat berhubungan seksual. Rasa takut, malu, dan canggung bisa membuat Anda sulit rileks sehingga gairah seks tidak muncul.

Jarang berhubungan seksual

Coba ingat kapan terakhir kali Anda berhubungan seks? Jika terlalu lama tidak berhubungan seksual, tak heran jika akan terasa sakit. Sama seperti otot tubuh yang lain, aktivitas seks yang teratur dapat membuat kondisi vagina Anda lebih kuat, dan dinding vagina juga akan tetap lentur dan fleksibel. Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab rasa sakit saat berhubungan seksual, Anda mungkin mulai bisa mengatasi masalah tersebut mulai sekarang. Jangan sampai kenikmatan yang bisa diciptakan, justru menyakitkan Anda!