Coba Anda tebak, daun apa yang biasa disertakan dalam lalapan dan memiliki bau yang wangi? Yap! Daun kemangi. Daun yang banyak tumbuh saat musim hujan ini memang biasa disajikan dalam sajian lalapan. Selain nikmat untuk disantap, daun kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, sayang jika ada dari Anda yang terkadang menyisakan daun kemangi dan tidak memakannya. Penasaran apa manfaat daun kemangi? Simak informasi berikut ini!

Menyehatkan Mata

Tak hanya wortel saja yang bisa memberikan manfaat baik untuk mata. Banyak orang mungkin tidak mengetahui jika daun kemangi pun ternyata sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung di dalam daun kemangi dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi mata lebih baik. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu ataupun bisa mencampurnya dalam bentuk jus yang dicampur dengan buah yang segar. Meskipun kandungan vitamin A yang terdapat pada daun kemangi ini tidak sebaik wortel tetapi sudah bisa memenuhi kriteria untuk dapat menyehatkan mata.

Mencegah Jerawat

Jika Anda sering mengeluhkan adanya jerawat di wajah, barangkali daun kemangi bisa menjadi solusinya. Daun kemangi memiliki kandungan anti bakteri dan jamus yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu, daun kemangi juga bermanfaat untuk membersihkan darah serta membuang racun yang terdapat pada darah.

Merawat Rambut

Sekarang ini banyak yang masih berusia muda tapi sudah memiliki uban di kepalanya. Nah, dengan mengonsumsi kemangi secara rutin, permasalahan uban yang sering ditemui bisa berkurang. Caranya, Anda cukup merendam daun kemangi selama sehari kemudian balurkan air bekas rendaman ke seluruh bagian kepala dan rambut. Selain untuk mengurangi uban, daun kemangi juga bisa bermanfaat untuk mencegah rambut rontok.   Daun kemangi ini tak hanya memiliki aroma yang wangi serta warna yang segar, tetapi juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi tubuh Anda. Setelah menyimak manfaat daun kemangiartikel di atas, apakah Anda masih mau menyisihkan kemangi yang tersaji dalam lalapan Anda?