Wanita mana yang tidak ingin memiliki payudara yang indah dan sehat? Sebagian besar pasti akan mencari cara agar payudaranya bisa terlihat menarik. Tak hanya itu, beberapa perawatan yang dilakukan juga untuk menjaga kesehatan payudara. Payudara yang merupakan aset setiap wanita dan sudah sewajibnya dirawat supaya tidak menyebabkan penyakit.

Berikut ini beberapa cara merawat payudara yang patut Anda coba!

  1. Mandi sehari dua kali. Jika kulit Anda kering, terlebih pada bagian payudara maka dapat menyebabkan iritasi. Salah satu cara untuk menjaga kelembaban kulit payudara Anda adalah dengan mandi. Selain untuk menjaga kebersihan diri dan juga dapat memanjakan tubuh termasuk payudara Anda. Gunakan sabun yang membuat tubuh nyaman dan memiliki kandungan yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  1. Setelah selesai mandi, sebaiknya gunakan bahan pakaian yang lembut. Anda juga pilih handuk yang lembut untuk mengeringkan payudara supaya tidak menyebabkan luka.
  1. Mengeringkan tubuh pada bagian payudara sebaiknya cukup memanfaatkan udara ruangan saja. Tidak perlu menggunakan kipas angin dan jenis pengering lainnya.
  1. Berikan kebebasan bagi payudara Anda dari bra setelah seharian supaya pembuluh darah mengalir dengan baik. Jadi sebaiknya ketika tidur, Anda tidak menggunakan bra.
  1. Pastikan bahwa Anda menggunakan bra atau lingeri yang cocok dan tidak menghambat payudara dan nyaman digunakan. Jangan pilih yang terlalu ketat maupun terlalu longgar.
  1. Lakukan pemeriksaan bagi payudara Anda ketika merasa ada yang tidak baik. Hal ini dilakukan supaya dapat lebih cepat mengatasi kemungkinan penyakit yang muncul dan tentunya juga bisa menurunkan risiko kanker payudara.
  1. Berikan pelembab dibagian payudara supaya keadaannya tetap baik. Sudah banyak kok dijual krim khusus untuk payudara yang bisa Anda beli.
  1. Saat di rumah berikan pijatan-pijatan ringan supaya aliran darah mengalir dengan baik. Waktu yang paling tepat untuk memijat payudara adalah setelah mandi, ketika payudara masih dalam keadaan agak basah. Lakukan pijatan memutar mulai dari bagian luar payudara dan teruskan hingga bagian puting payudara Anda.
  1. Periksa bagian payudara Anda saat sedang melakukan hubungan seks karena biasanya akan membuat ukuran dan warna puting payudara berubah menggelap.
  1. Saat berolahraga gunakanlah bra yang dirancang untuk berolahraga. Biasanya bahan yang digunakan untuk bra olahraga tidak menekan payudara sehingga aliran darah berjalan dengan baik.
  1. Perhatikan pola diet Anda karena diet yang ekstrim akan memengaruhi bentuk payudara. Jika ingin diet tetap seimbangkan olahraga yang dapat menjaga bentuk payudara bisa kencang.
  1. Gunakanlah pakaian dalam yang dapat menunjang tampilan yang nyaman namun tetap terlihat menarik atau seksi seperti menggunakan lingeri.
  1. Puting payudara diketahui sebagai bagian yang paling sensitif, namun sebenarnya bagian diatas puting yang lebih memberikan rangsangan sehingga dapat memberikan sensasi lebih. Untuk itu, jika sedang berhubungan intim Anda bisa meminta pasangan untuk lebih merangsang daerah tersebut.
  1. Berikan belaian ringan untuk memanjakan payudara dan lebih rileks saat berhubungan. Wanita biasanya lebih mudah untuk ‘dipancing’ dengan gerakan-gerakan ringan ketika sedang bercinta.
  1. Stretch mark merupakan salah satu hal yang dihindari setiap wanita karena dapat membuat tampilan menjadi kurang menarik.  Anda sebaiknya lebih rutin berolahraga yang lebih menggunakan gerakan untuk mengencangkan payudara.  
Apakah Anda sudah rutin melakukan 15 cara memanjakan payudara Anda di atas? Jika belum, yuk mulai dicoba dan jangan lupa dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang sehat supaya dapat menunjang kesehatan payudara Anda.