Mengalami pusing kepala merupakan salah satu penyakit ringan yang sering kita alami, tapi sebenarnya itu bisa menjadi bahaya bila tidak cepat diatasi dan dapat juga menggangu kegiatan kita sehari–hari. Kepala senut–senut adalah gejala awal dari beberapa penyakit yang mengindikatorkan bahwa tubuh kita mengalami gangguan. Saya sering mengalami kepala senut–senut pada saat kurang tidur, kelelahan karena berolah raga, dan juga memang sedang mengalami sakit kepala karena faktor lain. Maka dari itu penting untuk tahu tips mengatasi kepala senut-senut.

Baca Juga : Sakit Kepala dan Migrain: Sama ataukah Berbeda?

Kepala senut–senut biasanya dapat terasa di bagian belakang kepala, samping atau sebelah kepala, dan di bagian depan kepala yang bisa juga mengakibatkan sakit di bagian mata bahkan hidung. Kalau saya pribadi, apapun penyebab kepala senut–senut harus segera ditangani dengan cepat dan mencari solusi terbaik agar tidak menggangu aktifitas sehari–hari.

Tips Mengatasi Kepala Senut-Senut yang Alami

Saya memiliki tips mengatasi kepala senut–senut dengan cepat dengan menggunakan bahan–bahan alami dan sederhana. Awalnya, saya pribadi lebih suka mengatasi dengan tidak menggunakan obat–obatan yang berbahan kimia. Sebenarnya saya termasuk yang tidak begitu sering mengalami kepala senut–senut, sekalinya pun pernah terjadi hanya berlangsung sekitar sehari atau paling lama dua hari saja, tergantung pada penyebab terjadinya kepala senut–senut tersebut. Jika saya mulai mengalami gejala tersebut, biasanya cara paling sederhana yaitu dengan segera membaringkan badan dan beristirahat sejenak sekitar 1 sampai 2 jam. Makan makanan ringan yang renyah, seperti buah apel bila memang penyebab kepala senut–enut tersebut karena perut kita teralu kosong. Biasanya, setelah itu akan segera menghilangkan rasa sakit dan membantu kadar gula darah kembali normal. Sebaiknya, hindari cemilan, seperti candy bar, untuk mengganti gula darah karena hal itu justru akan membuat Anda menuntut lebih banyak lagi mengonsumsi makanan tersebut, demikian menurut Dr Purath. Selain itu, makanan yang tidak disarankan adalah pisang karena pisang justru memicu sakit kepala. Olahraga juga menjadi salah satu alternatif tips mengatasiuntuk mengurangi kepala senut–senut. Anda bisa berlari beberapa putaran atau sekitar 15 -30 menit saja. Minum air putih yang cukup banyak juga dapat mengurangi kepala senut–senut yang diakibatkan oleh dehidrasi ringan Anda bisa konsumsi lebih dari sekedar 8 gelas dalam sehari, semakin banyak minum air putih semakin baik juga bagi kesehatan tubuh Anda. Kunci utama dalam tips mengatasi kepala senut–senut dengan cepat yaitu dengan mengetahui penyebab awalnya terlebih dahulu, agar kita tidak salah dalam penanganan awalnya. Ya, Anda tidak bisa menganggap remeh gejala apapun yang terjadi di daerah kepala Anda Bila tips mengatasi kepala senut-senut di atas tidak begitu ampuh dalam jangka waktu 1 sampai 2 hari, Anda dapat mengonsumsi vitamin terlebih dahulu. Jika masih tidak ada perubahan baru Anda bisa  membeli obat–obat generik di apotek ataupun dapat langsung mengecek kondisi tubuh ke dokter bila memang sangat mengganggu aktifitas sehari–hari Anda. Intinya Anda harus selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang cocok dan jangan lupa untuk rutin berolahraga.